Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Kirim "Abang None" ke Broadway

Kompas.com - 09/08/2018, 19:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mengembangkan seni dan budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengirimkan tujuh alumni Abang None Jakarta ke Broadway, New York, Amerika Serikat.

Melalui Beasiswa Unggulan, program #AbnontoBroadway bertujuan dapat meningkatkan kualitas dan standar talenta para alumni Abang None Jakarta menuju standar Internasional.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid, dalam jumpa pers program "Abnon to Broadway", di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu (08/08/2018).

1. Menggandeng IANTA

“Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) sebagai organisasi kepemudaan memiliki potensi dalam pelestarian budaya Indonesia, khususnya dalam meningkatkan kapasitas dan peran insan budaya," ujar Hilmar.

IANTA sebagai organisasi pemuda mengedepankan pelestarian kebudayaan memiliki peluang dalam pengembangan industri seni peran dan budaya Indonesia untuk memenuhi kebutuhan para pecinta industri tersebut, tambahnya.

“Perlu ada pengembangan seni peran, baik dari sisi talenta maupun dari sisi industrialisasinya.” kata Hilmar.

2. Bekerjasama StudentsLive

Pada kesempatan sama, Ketua IANTA, Ronni Ardhianto menerangkan program #AbnontoBroadway diusung oleh IANTA setelah melihat kesuksesan Teater Abnon dalam beberapa pementasan besar sejak berdiri hampir 10 tahun.

Baca juga: [KLARIFIKASI] Kemendikbud Tegaskan Tak Sediakan Contoh Soal dan Jawaban Tes CPNS

 

Teater Abnon merupakan buah hasil kerja keras Maudy Koesnaedi yang juga merupakan pemenang None Jakarta tahun 1993.

“IANTA berkeinginan agar Teater Abnon bisa diisi oleh talenta-talenta yang memiliki standar internasional," ujar Roni seperti dikutip dari laman resmi Kemendikbud.

Dalam mencapai tujuan itu IANTA bekerja sama dengan instansi pendidikan di Broadway, New York bernama StudentsLive yang memiliki fokus memberikan pelatihan intensif dibawah arahan spesialis Broadway yang sangat terlatih, jelas Ronni.

3. Lalui tahapan seleksi

Para peserta yang diberangkatkan telah melewati proses tahapan seleksi melibatkan juri di antaranya, Reza Rahadian, Maudy Koesnaedi, Aimee Saras dan Asosiasi Casting Indonesia.

Terpilih 7 peserta yang akan diberangkatkan dalam 2 tahap. Tahap pertama diberangkatkan 4 peserta yaitu Sofura Maulida, Nabila Katyana, Audi Pratama, dan Rinaldy Zulkarnain, mengikuti pelatihan pada tanggal 3 – 14 Juli 2018 dan pemberangkatan tahap berikutnya menyesuaikan dengan ketersediaan jadwal StudentsLive Broadway.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com