Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Alas Kaki Enceng Gondok, SMAN 3 Semarang Juara Kompetisi Bisnis

Kompas.com - 13/08/2018, 21:29 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sagasco Student Company, perusahaan dari siswa SMAN 3 Semarang berhasil meraih gelar "Indonesia Student Company of the Year 2018" dalam ajang Indonesia Student Company Competition yang digelar Prestasi Junior Indonesia (PJI) (11/8/2018).

Mereka berhasil unggul dari 7 perusahaan siswa lain yang merupakan perwakilan 6 kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Kutai Timur.

Berkat kemenangan ini, SMAN 3 Semarang akan mewakili Indonesia dalam kompetisi bisnis tingkat Asia Pasifik, JA Asia Pacific Company of the Year Competition, di Manila, Filipina, Maret 2019 mendatang.

1. Alas kaki batik eceng gondok

Dalam kompetisi ini, pengusaha muda asal Jawa Tengah tersebut membawa produk andalan mereka, Echoes dan Whynotes, yakni alas kaki dan binder multifungsi buatan tangan berbahan dasar eceng gondok dan dipadukan dengan batik.

Ide kreatif ini bermula dari permasalahan populasi Eceng Gondok di Danau Rawa Pening yang menimbulkan dampak bagi lingkungan dan ekosistem air.

Sagasco SC juga mendapatkan penghargaan The Best Financial Management karena dinilai mumpuni mengelola bisnis dan mengumpulkan omzet penjualan hingga 21 juta rupiah selama
tiga bulan beroperasi.

2. Membangun model bisnis di sekolah

“Indonesia Student Company Competition" sendiri merupakan agenda tahunan Prestasi Junior Indonesia untuk merayakan pencapaian sekaligus mengasah kepiawaian berbisnis dari siswa-siswi peserta JA Company Program.

Selama periode tertentu, para siswa telah mengembangkan model bisnis mikro di sekolah masing-masing.

"Para siswa didorong untuk menciptakan sebuah bisnis yang tak hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, namun juga sekaligus menyelesaikan permasalahan dan mampu memberikan dampak positif kepada komunitas di sekitar mereka,” ujar Board Chair Prestasi Junior Indonesia Siddharta Moersjid.

Baca juga: Prestasi Dunia, Siswa Indonesia Raih Emas Ajang Seni 2018 di Jepang

Siswa peserta Indonesia "Student Company Competition 2018" merupakan tim perwakilan masing-masing daerah yang telah diseleksi kompetisi tingkat regional.

3. Youth Economic Opportunities

 

Mereka telah menjalankan bisnis di sekolahnya selama enam bulan, mulai dari penemuan ide produk, perencanaan bisnis, operasional dan pengelolaan usaha, hingga likuidasi perusahaan.

Selama rentang waktu tersebut, mereka mendapatkan bimbingan bisnis secara intensif melalui program Perusahaan Siswa (JA Student Company) dari Prestasi Junior Indonesia dan relawan dari mitra sponsor program.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com