Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Lomba Seni Siswa Nasional Dibuka Hari Ini

Kompas.com - 27/08/2018, 20:45 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) kembali diselenggarakan dan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, hari ini (27/08/2018), di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

FLSN Ke-XI ini bertujuan sebagai wadah mengekspresikan bakat siswa di bidang seni

“Melalui FLS2N ini peserta didik berasal dari berbagai daerah di Indonesia diajak dapat mengembangkan dan mempertahankan nilai-nilai budaya bangsa, dan menjadi arena memacu serta mendorong sesama siswa untuk mengamalkan Pancasila dalam wujud seni paling indah sesuai nilai-nilai luhur dan kearifan lokal,” kata Mendikbud. 

1. Seni membangun karakter

Tema FLS2N tahun ini adalah “Menumbuhkembangkan Seni, Menguatkan Karakter”. Dengan tema tersebut, jelas Mendikbud, memberi makna bahwa seni sebagai salah satu kegiatan pendidikan tidak hanya diarahkan menumbuhkembangkan estetika siswa tetapi juga memperkuat karakter siswa.

“FLS2N diharapkan dapat mengembangkan minat dan bakat siswa Indonesia di bidang seni dalam rangka membangun karakter siswa berdasarkan nilai-nilai yang berakar dari budaya nusantara,” tutur Mendikbud.

Baca juga: Dana DAK Naik Dua Kali Lipat, Kemendikbud Gandeng KPK untuk Mengawasi

Ajang FLS2N diselenggarakan pada 26 Agustus – 1 September 2018 di dua lokasi, yaitu Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan PKLK diselenggarakan di Pangkalpinang sedangkan jenjang SMA/MA dan SMK diselenggarakan di Banda Aceh.

2. Kompetisi jenjang menengah dan atas

Peserta FLS2N merupakan siswa-siswi terbaik yang telah lolos seleksi di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi. Tahun ini peserta FLS2N mencapai 1.947 siswa.

Pada jenjang SD diikuti 204 siswa dengan jenis lomba menyanyi tunggal, seni tari, pantomim, dan gambar bercerita. Di jenjang SMP diikuti 442 siswa akan unjuk prestasi di lomba menyanyi solo, musik tradisional, tari tradisional, desain poster, dan gitar klasik.

Selanjutnya, pada jenjang PKLK dengan peserta 306 siswa akan menampilkan kemampuan terbaiknya di lomba menyanyi solo, menari, desain grafis, pantomim, melukis, dan MTQ.

Sedangkan pada jenjang SMA dikuti 476 siswa mengikuti festival/lomba menyanyi solo, tari kreasi berpasangan, baca puisi, cipta puisi, gitar solo, desain poster, kriya, film pendek, dan teater monolog.

Adapun di jenjang SMK, 519 siswa akan unjuk kehebatan di festival/lomba menyanyi solo, tari tradisional, musik tradisional, gitar solo Klasik, teater, dan film pendek.

3. Bertukar pengalaman antar provinsi

Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) ke-XI dibuka langsung Mendikbud Muhadjir Effendy di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (27/08/2018).Dok. Kemendikbud Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) ke-XI dibuka langsung Mendikbud Muhadjir Effendy di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (27/08/2018).

Dalam kegiatan ini, para siswa seluruh jenjang pendidikan dari 34 provinsi dapat berinteraksi dan bertukar pengalaman mengenai kemajuan budaya masing-masing. Diharapkan dari sini akan memunculkan kebanggaan pada budaya nasional.

“Saya berharap torehan prestasi yang akan lahir disepanjang kompetisi ini diniatkan untuk kemajuan bangsa, dan menjadi wadah penyatu segala perbedaan dan menjadi pijakan bagi upaya meraih prestasi gemilang bersama-sama,” tutup Mendikbud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com