Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangga, Rampoe UGM Juara Kompetisi Tari di Korea

Kompas.com - 19/09/2018, 18:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Belum habis rasa bangga akan kesuksesan penampilan tari tradisonal di ajang pembukaan Asian Games, Komunitas seni tari tradisional Aceh Rampoe Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara I dalam "Wonju Dynamic Dancing Carnival 2018", 11-16 September 2018, di Korea Selatan.

Dalam kompetisi itu Rampoe UGM sukses menjadi jawara setelah berhasil menyisihkan 38 penampil lain dari berbagai negara di dunia.

Baca juga: UGM: Indonesia Pasar Terbesar Perdagangan Online

Dikutip dari laman resmi Kemendikbud, Ketua Rampoe UGM Asih Laraswati menyampaikan dalam misi kebudayaan di Korea Selatan ini pihaknya menurunkan 16 penari putri dan didukung 3 pemusik, 1 penyanyi, 1 manajer, dan 1 fotografer.

“Kami menampilkan tarian Aceh Ratoeh Jaroe pada kompetisi di Korea Selatan kemarin,” jelasnya. 

Rampoe UGMDok. Rampoe UGM Rampoe UGM

Tari aceh Ratoeh Jaroe merupakan tari yang menggambarkan kehidupan masyarakat Aceh sehari-hari yang menjunjung tinggi solidaritas. Dalam penampilannya diiringi dengan syair Islam.

Asih mengatakan keberhasilan Rampoe UGM dalam misi kebudayaan Korea ini tidak lepas dari kerja keras dan latihan yang dilakukan oleh para anggota sejak awal tahun 2018. Selain itu juga dukungan dari FIB dan UGM.

“Prestasi yang diraih ini menjadi kebanggaan bagi kami karena bisa mengenalkan budaya Indonesia di tingkat internasional sekaligus meraih penghargaan yang mengharumkan nama UGM dan bangsa,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com