Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Pertama Anak Muda: Reksa Dana, Saham atau Properti?

Kompas.com - 30/10/2017, 05:00 WIB

KOMPAS.com - Anak muda zaman sekarang banyak yang sudah tidak asing dengan investasi. Sejak memiliki penghasilan, seseorang memang sebaiknya memulai juga menyiapkan kebutuhan hari depan dengan berinvestasi.

Mengapa? Melalui investasi, penghasilan yang Anda sisihkan hari ini masih berpeluang tumbuh pesat mengalahkan inflasi dalam jangka panjang.

Namun, ada kalanya anak muda galau hendak memutuskan hendak berinvestasi di mana. Ujung-ujungnya karena kelamaan galau, akhirnya malah tidak jadi investasi.

Penghasilan yang seharusnya sudah mulai disisihkan untuk kebutuhan hari depan, akhirnya habis tak berbekas sekadar untuk konsumsi semata.

Nah, bila saat ini Anda masih galau memilih hendak investasi di mana, cobalah menimbang tiga pilihan produk investasi berikut ini:

1. Reksa Dana

Investasi di reksadana semakin banyak dikenal oleh orang. Berinvestasi di reksadana berarti Anda membeli unit penyertaan pada manajer investasi.

Dana yang Anda investasikan dikelola oleh manajer investasi dalam aset dasar mulai dari saham, obligasi, instrument pasar uang dan sebagainya, bergantung pada jenis reksadana yang Anda pilih.

Produk reksadana hadir dalam beberapa jenis yang dapat Anda pilih sesuai profil risiko dan tujuan keuangan. Misalnya, reksadana saham untuk tujuan keuangan jangka panjang dan cocok untuk investor dengan profil risiko agresif, dan lain sebagainya.

Modal investasi reksadana cukup terjangkau bagi anak muda yang tingkat penghasilannya baru di tahap entry-level.

Saat ini tersedia produk reksadana yang bisa dimiliki dengan investasi mulai Rp 100.000 saja. Cara belinya pun semakin mudah dengan kehadiran platform online yang disediakan oleh manajer investasi.

2. Saham

Saham juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anak muda yang ingin memulai investasi. Namun, investasi di saham membutuhkan modal sedikit lebih besar dibandingkan dengan reksadana.

Untuk berinvestasi di saham, Anda perlu menyediakan dana yang memadai untuk membeli minimal sebanyak 1 lot saham atau 100 lembar.

Jadi, bila saham yang Anda incar harganya kini Rp 1.500, maka Anda harus mengeluarkan modal minimal Rp 150.000 untuk bisa membeli saham 1 lot.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com