Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Angkutan Logistik Pakai Kereta Tak Akan Hilangkan Truk

Kompas.com - 02/10/2018, 17:03 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana untuk memindahkan segala pengangkutan muatan logistik menggunakan kereta api. Hal tersebut tak terlepas dari kebijakan penilangan bagi truk dengan muatan dan ukuran berlebih atau over dimension over loading (ODOL).

Kendati demikian, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmadja Lookman meyakini bahwa rencana tersebut tidak akan menggerus keberadaan truk selaku pembawa muatan logistik.

"Jadi dengan kereta meningkat maka truk dengan pengiriman jarak dekat semakin banyak, bukan jarak jauhnya tapi akan switching ke jarak yang lebih dekat," kata Kyatmadja saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Pasalnya, muatan logistik yang diangkut menggunakan kereta saat ini masih dari satu stasiun ke stasiun lainnya. Oleh karenanya, masih dibutuhkan truk guna mengangkut muatan logistik tersebut hingga tujuan akhir.

Kyatmadja menambahkan, dengan semakin banyaknya truk yang menempuh jarak pendek maka bakal semakin banyak hal positif bagi para pengemudi truk itu sendiri.

"Karena jarak jauh akan beralih ke jarak dekat dan dengan begitu artinya sopir bisa istirahat, bisa ketemu kelaurganya, risiko kecelakaan turun. Memang selalu ada pro dan kontra tapi saya rasa semua itu akan ada peralihannya," pungkas Kyatmadja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com