Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McLaren 600LT Longtail buat Penggemar Balap

Kompas.com - 03/07/2018, 15:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam jajaran nama besar merek supercar, McLaren jadi salah satu nama yang diperhitungkan. Setelah menghadirkan 570S Spider edisi khusus, McLaren kali ini hadir dengan model 600LT terbaru.

LT yang merupakan kode untuk jenis kendaraan longtail, merupakan longtail ke-4 McLaren selama lebih dari dua dekade setelah McLaren F1 GTR LT, 675 LT Coupe dan Spider.

"Longtail tercatat sebagai salah satu mobil balap yang paling asli dalam sejarah motorsport. Kini kami perluas model LT meski dalam jumlah terbatas dengan menampilkan aerodinamika, tenaga yang ditingkatkan, pengurangan bobot menjadi keunggulan yang dimiliki mobil ini," ucap Chief Executive Officer McLaren Automotive Mike Flewitt dalam keterangannya Selasa (3/7/2018).

Aura balap hadir di mobil ini dengan hadirnya front splitter, diffuser belakang serta sayap belakang. Pengurangan bobot diupayakan sebesar 96 kilogram dari versi 570S Coupe sehingga total berat 600LT hanya 1.237 kilogram.

Baca juga: McLaren 570S Spider Edisi Khusus Sentuhan Desainer

McLaren 600LT, seri terbaru longtail untuk penggemar balapMcLaren McLaren 600LT, seri terbaru longtail untuk penggemar balap

Untuk bagian interior, 600LT hadir minimalis karena dirancang untuk kegiatan balap dengan bangku dari serat karbon serta trim alcantara. Dibuat sederhana dan hanya untuk fokus mengemudi di dalam trek.

Mesin 3.8L V8 twin-turbocharger digunakan untuk kebutuhan kecepatan. Mesin ini mampu menghasilkan 600 tk dan torsi maksimum sebesar 620 Nm.

Produksi 600LT Coupé akan dimulai di bulan Oktober 2018 dan akan memakan waktu sekitar 12 bulan, dengan jadwal pembuatan yang bersamaan dengan model Sports dan Super Series yang ada, serta Senna, Senna GTR, dan BP23 yang sudah terjual habis. Panel berbahan serat karbon dari 600LT juga akan membuatnya lebih langka dibanding Sports Series lainnya.

Sama seperti pendahulunya 675LT, setiap 600LT akan dirakit secara manual di McLaren Production Centre, Woking, Surrey. Bagi penggemar McLaren di Indonesia, model ini sekarang sudah dapat dipesan melalui McLaren Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com