Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helm Berfitur Flat Visor, Layaknya Pebalap MotoGP

Kompas.com - 01/08/2018, 11:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk helm saat ini sudah menawarkan beragam model dengan berbagai keunggulannya. Baik lokal maupun impor menawarkan tambahan fitur untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Salah satunya adalah model flat-visor atau kaca helm datar. Spesifikasi flat-visor ini biasanya digunakan oleh pebalap profesional saat berlaga di lintasan balap. Tapi apa sebenarnya kegunaannya?

"Flat visor itu kelebihannya sama seperti kita melihat dengan mata biasa. Tidak ada distorsi akibat cembungnya kaca helm. Kalau cembung pandangan ada distorsinya dan berbayang saat kena lampu," ucap salah satu pendiri komunitas Belajar Helm, Salcomo Eato beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Rawat Helm yang Benar, Modal Donut

Menurut Eato, flat visor saat ini sudah mulai banyak dijual untuk helm harian. Ini juga menjadi salah satu fitur yang ditawarkan produsen helm untuk produk-produknya.

Model flat visor ini juga dapat ditambahkan fitur tear-off. Lapisan tear off ini digunakan untuk melindungi kaca helm dari goresan seperti kerikil di jalan sehingga tidak mengganggu pandangan saat berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com