Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Sebut Avanza dan Xpander Beda Target

Kompas.com - 01/08/2018, 12:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Sejak 2017, segmen pasar LMPV Indonesia kedatangan pemain baru dengan hadirnya Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S. Sampai sejauh ini, penerimaan pasar terhadap kedua produk tersebut dinilai cukup positif.

Selaku penguasa pasar, Toyota Astra Motor (TAM) menilai hadirnya Xpander dan Confero memberikan keuntungan bagi konsumen. Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto menyatakan segmen pembeli Xpander dan Confero berbeda dengan LMPV andalan Toyota, Avanza.

"Xpander keluar dengan desain yang lebih advance. Ada juga mobil low cost dengan fitur lengkap seperti Wuling. Bagi saya itu konsumen, karena saat ini konsumen punya banyak pilihan," kata Soerjo saat ditemui di Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (30/7/2018).

Baca juga: Toyota Mulai Bicara Persiapan Model Baru

Wuling Confero S.Ghulam/KompasOtomotif Wuling Confero S.

Atas dasar itu, Soerjo menyatakan pembaruan produk LPMV yang nantinya dilakukan Toyota juga tidak akan sama sekali terpengaruh Xpander dan Confero.

Apalagi, Soerjo menyebut pihaknya kini tengah melakukan pemetaan ulang terhadap pangsa pasar otomotif dalam negeri, termasuk segmen market Toyota sendiri maupun para kompetitor.

Baca juga: Mobil Kolaborasi Toyota-Daihatsu Mungkin Tak Lagi Kembar

"Kalau mau banyak fitur dengan harga terjangkau, bisa ambil Wuling atau Sokon (DFSK). Kalau mau modern advance, bisa Xpander"

"Keahlian kita bukan buat produk yang sama dengan kompetitor. Lagipula tidak semua bisa dipegang Toyota. Jadi kita hanya akan buat produk sesuai dengan segmen market kita," ujar Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com