Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Gaikindo Soal Tiket GIIAS yang Melonjak Jadi Rp 100.000

Kompas.com - 06/08/2018, 17:42 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Tiket pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 untuk akhir pekan mencapai Rp 100.000. Angka tersebut melonjak dibanding tahun lalu yang hanya Rp 70.000.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, menjelaskan, naiknya tiket GIIAS disebabkan beberapa faktor, diantaranya naiknya harga sewa booth di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang yang jadi lokasi pameran.

"Biaya penyelenggaraan naik, termasuk biaya listrik dan biaya lainnya semua naik. Otomatis memang harus ada penyesuaikan," kata Nangoi saat ditemui Kompas.com di arena GIIAS 2018, Senin (6/8/2018).

Baca juga: Berencana Akhir Pekan ke GIIAS, Siapkan Minimal Rp 1 Juta

Sales Promotion Girl berpose di samping mobil yang dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (05/08/2018). Pada pameran otomotif GIIAS kali ini mengusung tema Beyond Mobility yaitu mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, Acara ini akan berlangsung hingga 12 Agustus 2018.ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sales Promotion Girl berpose di samping mobil yang dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (05/08/2018). Pada pameran otomotif GIIAS kali ini mengusung tema Beyond Mobility yaitu mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, Acara ini akan berlangsung hingga 12 Agustus 2018.

Meski mengalami kenaikan, Nangoi menyatakan kenaikan masih masuk akal. Apalagi bila dibandingkan dengan pameran-pameran otomotif internasional di luar negeri, Nangoi menilai tiket GIIAS 2018 tergolong murah.

"Karena kalau dibandingkan Bangkok Motor Show atau Beijing Motor Show, tiket kita jauh di bawah," ucap Nangoi.

Secara terpisah, Project Director Seven Event selaku promotor GIIAS, Agus Riyadi menyatakan, naiknya harga tiket saat weekend karena pihaknya ingin adanya pemerataan jumlah pengunjung. Agus menyatakan jika hanya terpusat pada akhir pekan, suasana di lokasi pameran bisa sangat ramai sehingga mengurangi kenyamanan pengunjung.

Baca juga: Promo Tiket Weekdays ke GIIAS untuk Warga Tangerang

"Makanya Gaikindo merasa jumlah pengunjung yang banyak tidak lagi jadi patokan jika pengunjung tidak dapat kenyamanan," kata Agus saat ditemui Kompas.com, Jumat (3/7/2018).

Ratusan mobil dari berbagai komunitas mobil yang tersebar di Jabodetabek berkumpul membentuk logo Asian Games 2018 di Lapangan Froggy, BSD City, Tangerang, Sabtu (4/8/2018).Seven Event Ratusan mobil dari berbagai komunitas mobil yang tersebar di Jabodetabek berkumpul membentuk logo Asian Games 2018 di Lapangan Froggy, BSD City, Tangerang, Sabtu (4/8/2018).

Menurut Agus, kenaikan tiket weekend hingga dua kali lipat juga dibarengi sejumlah kompensasi, seperti dinaikannya golongan anak yang dapat fasilitas gratis dari sebelumnya 2 tahun menjadi 7 tahun. Selain itu, saat ini hari Jumat juga masih digolongkan sebagai weekdays. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang sudah masuk weekend.

Tak sampai di situ, sejumlah diskon juga diberikan, seperti gratis satu tiket setiap pembelian empat tiket untuk warga Tangerang atau yang bekerja di Tangerang. Selain itu, parkir tidak dikenakan biaya. Sedangkan pada weekend, parkir dikenakan maksimal Rp 20.000.

Baca juga: Tahun Depan Perhelatan GIIAS Mepet dengan IIMS

"Jadi kita memang memaksa supaya orang mau datang ketika weekdays. Tujuannya agar ada pemerataan," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com