Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Punya Moge seperti yang Dipakai Jokowi, Siap-siap Kecewa

Kompas.com - 20/08/2018, 07:42 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comYamaha FZ1 yang dikendarai Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Asian Games 2018 merupakan motor pesanan khusus untuk Paspampres. Motor besar (moge) berkubikasi 998cc itu didatangkan langsung Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dari Jepang.

Bagi penggemar moge yang ingin membeli motor tersebut, siap-siap kecewa. Sebab, FZ1 diketahui tak lagi diproduksi oleh Yamaha.

Saat ini, produksi motor tersebut sudah digantikan oleh Yamaha FZ-10 atau MT-10. Namun, bisa jadi FZ1 masih ada di bursa moge seken.

Baca juga: Kata Komunitas Freestyle soal Video Aksi Jokowi

Yamaha FZ1 yang digunakan PaspampresWarta Kota/Henry Lopulalan Yamaha FZ1 yang digunakan Paspampres

FZ1 tercatat diproduksi oleh Yamaha Motor Company pada 2001-2015. Motor ini mulai digunakan oleh pasukan pengawal bermotor Paspampres sejak 2010.

Saat pertama kali diluncurkan secara global, FZ1 dilepas dengan banderol 10.290 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 150 juta. Namun, tak diketahui pasti berapa harganya jika dijual secara resmi di Indonesia.

Baca juga: Di Balik Freestyle Jokowi yang Gemparkan Asian Games 2018

Sedangkan FZ-10 kini dibanderol dengan harga 12.999 dollar AS atau setara sekitar Rp 189 juta. Itu merupakan harga yang tertera di situs resmi Yamaha Motor Company dan belum termasuk kemungkinan adanya pengenaan bea masuk jika impor ke Indonesia.

Yamaha FZ-10 atau MT-10 yang merupakan suksesor dari Yamaha FZ.yamahamotorsports Yamaha FZ-10 atau MT-10 yang merupakan suksesor dari Yamaha FZ.

Terkait penggunaan FZ1 oleh Jokowi, YIMM menyatakan turut berbangga. Apalagi, momennya bertepatan dengan upacara pembukaan Asian Games 2018 yang merupakan pesta olahraga terbesar di Asia.

Baca juga: Ini Dia Sosok Stuntman Jokowi Asal Thailand

"Kita harus berbangga bahwa Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan besar Asian Games. Aksi Pak Jokowi dalam pembukaan Asian Games menggunakan Yamaha FZ1 kemarin juga sangat luar biasa. Kita bangga sebagai Bangsa Indonesia untuk Merah Putih Semakin di Depan," tulis keterangan tertulis PR Manager YIMM Antonius Widiantoro, Minggu (19/8/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com