Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Faktor yang Mempercepat Umur Ban

Kompas.com - 01/09/2018, 08:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban menjadi bagian vital bagi kendaraan bermotor. Menjaga ban dalam kondisi prima akan berpengaruh pada berbagai aspek termasuk keselamatan.
Kerap ditemui pemilik kendaraan yang tidak awas dengan kondisi ban kendaraannya. Ban dibiarkan hingga batas maksimum dan botak.

Instruktur Sentul Driving Course Rudy Novianto, mengatakan, ada empat faktor yang bisa membuat keausan ban jadi lebih cepat. Ia mengatakan, tapak ban dan kondisinya wajib diperiksa secara berkala. Selain itu, ban juga bisa cepat botak dan aus karena kondisi permukaan jalan.

"Paling utama menjaga tekanan ban. Itu tindakan preventif (mencegah alur ban cepat habis). Kalau (kondisi) jalan, mau tidak mau, kita tidak bisa kontrol," ucap Rudy saat ditemui Kamis (30/8/2018).

Pertama, tekanan udara yang kurang berpotensi membuat bentuk permukaan ban berubah menjadi lebih luas. Keausan ban maka akan lebih cepat terjadi, lebih buruk ban bisa pecah, bahkan sampai hancur.

Baca juga: Jangan Lupakan Ban Cadangan Mobil Anda

Faktor kedua, lain yang menyebabkan ban cepat aus adalah bobot kendaraan. Kendaraan yang ditambah bobotnya dengan beragam barang akan membuat ban lebih menekan ke permukaan aspal. Hampir sama dengan tekanan udara yang berkurang, bobot yang berlebihan dapat membuat tapak ban lebih lebar dan cepat aus.

"Kadang pemilik kendaraan lupa, menaruh banyak barang tidak penting di kendaraan. Akhirnya menambah bobot. Mungkin sederhana tapi bobot itu bila diakumulasikan dengan waktu perjalanan yag lama, akan makan ban, tidak instan," ucap Rudy.

Ketiga, mengabaikan perawatan kaki-kaki kendaraan terutama dalam hal menjaga sudut ban atau spooring serta balancing. Ban yang sudutnya tidak tepat atau tidak selaras dapat membuat cepat aus dengan daerah tapak yang tidak merata.

Keempat, perilaku juga tidak lepas dari faktor yang mempercepat usia ban. Misal cara pengereman yang suka mendadak, atau cara berkendara yang gemar berakselerasi maksimal di awal, akan membuat kontak ke permukaan aspal berlebihan dan akhirnya cepat botak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com