Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukuran Maksimal Ban buat Kawasaki W175

Kompas.com - 20/09/2018, 10:41 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Pemakaian ban lebih besar dibanding ukuran standar sudah lazim di modifikasi motor custom. Hal itu pula yang kini banyak dilakukan oleh para pemilik Kawasaki W175.

Namun ada batas ukuran tertentu bila pemilik masih ingin menggunakan suspensi standar pabrik. Ban standar W175 diketahui menggunakan ukuran 80/100-17 inchi di depan, dan 100/90-17 inchi di belakang.

Bengkel modifikasi Street Arts Custom (SAC) diketahui pernah mengukur batas ukuran ban besar pada suspensi standar motor bergaya retro ini. Pemilik bengkel SAC Arie Indra Perkasa mengatakan, batas ukuran maksimal ban depan di suspensi standar W175 adalah 110/70-17 inci atau 3.50-17 inci.

Baca juga: Suspensi Byson Jadi Pilihan saat Bangun Motor Custom

"Bisa juga memakai ban ukuran 4.00x17. Tapi celah ban dan suspensi agak sedikit mepet, kurang lebih 2,5mm di setiap sisi," kata Arie saat ditemui di bengkelnya, di Tirtajaya, Depok, Rabu (19/9/2018).

Pemilik bengkel Street Arts Custom (SAC) Arie Indra Perkasa memperlihatkan jarak antara rantai ke swing arm  di Kawasaki W175 yang terlalu dekat.Screenshot Youtube/arie perkasa Pemilik bengkel Street Arts Custom (SAC) Arie Indra Perkasa memperlihatkan jarak antara rantai ke swing arm di Kawasaki W175 yang terlalu dekat.

Untuk ban belakang, Arie menyebut ukuran standar pabrik sudah tidak dapat diubah-ubah lagi. Pasalnya posisi rantai W175 dinilai terlalu dekat dengan swing arm.

Dengan menggunakan ban standar saja, jarak rantai dengan swing arm hanya sekitar 1,5 cm. Tapi tidak memungkinkan apabila menggunakan ban yang lebih besar.

"Jadi ketika memakai ban lebih besar dan bisa masuk ke swing arm, tapi masalahnya ban akan kena rantai," ucap Arie.

Baca juga: Selain Byson, Suspensi Ini Juga Laris untuk Motor Custom

Atas dasar itu, untuk pemilik W175 yang menginginkan pemasangan ban lebih lebar dari hasil pengukuran tersebut, Arie menyarankan untuk mengganti suspensi depan dan swing arm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com