Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Baru Esemka Meluncurkan SUV Masih Ada

Kompas.com - 01/10/2018, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lama tak ada kabar, rupanya proyek mobil nasional atau mobnas Esemka siap berlanjut kembali. Rencana kemunculan dan produksinya dijadwalkan setelah proses produksi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) resmi berjalan, mulai Januari 2019 mendatang.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiat. Menurutnya, proyek mobil Kiat Esemka sudah mendekati tahap diskusi final.

"Kalau tentang mobil Esemka sudah kita arah-arahkan. Ini kita bicara mobil ya, bukan kendaraan seperti AMMDes. Jadi nanti kemungkinan tahun depan itu yang pasti setelah AMMDes berjalan dulu," ucap Kiat saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/9/2018).

Baca juga: SUV Misterius Mirip Esemka Garuda 1

Ketika ditanya soal detail tipe mobil penumpang yang akan diproduksi, Kiat menjelaskan belum bisa menceritakan lebih banyak karena masih dalam proses rembukan dengan beberapa pihak.

Meski demikian, Kiat memberikan kisi-kisi bahwa produksi awal Esemka nantinya akan datang dengan model sport utility vehicles (SUV). Tapi SUV yang dimaksud bukan SUV Garuda 1 yang sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu.

SUV misterius di parkiran pusat perbelanjaan. Mirip dengan ESEMKA Garuda 1ISTIMEWA SUV misterius di parkiran pusat perbelanjaan. Mirip dengan ESEMKA Garuda 1
Baca juga: SUV Misterius Mirip Esemka Garuda 1

Dengan tegas Kiat menjelaskan bahwa SUV produksinya akan berbeda dengan mobil yang pernah viral di media sosial.

"Bentuknya SUV gitu, yang jelas ini passenger car Kiat Esemka. Bukan Garuda 1 atau mobil apa itu yang pernah ramai, beda ini kita baru mau produksi jadi bukan yang kemarin-kemarin itu ramai. Tunggu saja habis AMMDes nanti ya," kata Kiat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com