Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Diler Suzuki Lumpuh Akibat Gempa di Palu

Kompas.com - 01/10/2018, 15:43 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Toyota dan Mitsubishi, jaringan pemasaran dan purna jual Suzuki juga ikut terkena imbas gempa dan tsunami yang menguncang kota Palu pada Jumat (28/9/2018) lalu. Kedua diler tersebut dikabarkan mengalami kerusakan cukup parah.

Menurut Head of Service 4W & 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha, kedua diler tersebut, yakni Sinar Galesin Prima dan Patrako Sinar Abadi saat ini tidak bisa beroperasi akibat kerusakan beberapa fasilitas dan bangunan.

"Ada dua diler yang terdampak, satu roda dua dan satu mobil. Keduanya ada di kota Palu dan saat ini kondisinya tidak aktif karena selain bangunan beberapa fasilitas juga rusak. Kita masih tunggu informasi lebih lanjut karena jalur komunikasi minim," ucap Riecky saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (1/10/2018).

Baca juga: Dua Karyawan Dealer Mitsubishi Hilang Pasca-Gempa dan Tsunami Palu

Lebih lanjut Riecky menjelaskan bila kerusakan diler lebih karena faktor gempa, bukan akibat gelombang tsunami. Sampai saat ini, dari informasi yang diterima Riecky juga belum ada laporan mengenai korban jiwa dari karyawan pada kedua diler tersebut.

Namun, dampak kerusakan bangunan berimbas pada beberapa unit pamer sepeda motor, dan satu unit mobil mobil milik konsumen yang jadi korban gempa saat sedang melakukan perawatan berkala.

Kerusakan akibat gempa bumi yang melanda, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Kerusakan akibat gempa bumi yang melanda, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia.

"Motor yang dipajang di showroom sempat jatuh saat gempa, kaca-kaca depan juga pecah semua, tapi kita belum liat ada kerusakan serius atau tidak. Lalu satu unit mobil milik konsumen yang ada di bengkel juga kabarnya kena imbas gempa, tertimpa barang atau apa masih belum lengkap infonya," ucap Riecky.

Sebagai langkah penanganan, Riecky menjelaskan sudah mengutus tim untuk memeriksa kondisi serta kerusakan pada kedua diler tersebut. Tapi untuk sementara waktu, kedua diler tersebut dipastikan lumpuh dan tidak bisa beroperasi karena kerusakan pada fasilitas servis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com