Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Motor yang Wajib Diperhatikan Pasca-Bencana Alam

Kompas.com - 01/10/2018, 18:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa bumi dan tsunami melanda kota Donggala, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Selain kerusakan pada infrastruktur, kerusakan juga dialami para pemilik sepeda motor di kota tersebut.

Tertimpa bangunan, terendam air, adalah kondisi sepeda motor yang terlihat di beberapa dokumentasi mengenai gempa diabadikan Kompas.com. Meski masih berjuang untuk pemulihan kehidupan di sana, bagi para pemilik motor yang ingin memperbaiki motornya perlu memperhatikan beberapa bagian agar menghidupkan kembali sepeda motor mereka.

"Sebenarnya hampir mirip dengan kejadian banjir di Jakarta. Perhatian yang diperlukan adalah filter udara, busi, oli mesin dan kelistrikan," ucap kepala mekanik Pitline Garage, Paul saat ditemui KOMPAS.com, Senin (1/10/2018).

Paul mengungkapkan jika motor bekas terendam air atau bekas tertempel debu reruntuhan bangunan baiknya diganti. Paul bahkan menyarankan membuang busa filter dan membiarkan filter tanpa busa karena bengkel pasti sedang tidak beroperasi.

Baca juga: Bagaimana Klaim Asuransi, tapi Dokumen Hilang karena Bencana?

Kedua pastikan busi masih berfungsi kalau terendam lama ganti dengan busi baru. Cara lain, bersihkan busi dengan amplas dan sikat besi sampai kering.

"Atau kalau biasanya yang dilakukan menggunakan engkol motor. Coba berkalli-kali sampai busi mengering dan terdapat percikan api," ucap Paul.

Bagian oli mesin kendaraan wajib diganti sebab dikhawatirkan sudah bercampur dengan air. Ingat motor yang baru diambil dari reruntuhan atau tempat bencana jangan langsung coba dihidupkan sebab bisa jadi kerusakan akan tambah parah.

"Ini juga berlaku untuk bagian kelistrikan. Jangan coba dinyalakan dulu, bongkar motor hingga ke kabel-kabel, keringkan sampai benar-benar kering. Kalau motor yang hanya tertimpa bangunan mungkin tidak seribet yang terendam ya," ucap Paul.

Pihak produsen sepeda motor saat ini terus berupaya mengaktifkan kembali layanan mereka di daerah bencana. Saat ini layanan bengkel dipastikan belum beroperasi karena masih berkonsentrasi pada pemulihan kondisi di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com