Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Mulai Suplai Xpander ke Nissan Tahun Depan

Kompas.com - 03/10/2018, 16:19 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi mulai buka suara soal kembaran Xpander. Kendaraan Multi Guna Bawah (low multi purpose vehicle/LMPV) jagoan Mitsubishi itu akan disuplai pada awal tahun depan ke Nissan.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors di hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/10/2018).

"Peningkatan kapasitas produksi ini juga termasuk untuk suplai Xpander ke Nissan," ucap Masuko kepada media.

Masuko menjelaskan, secara jumlah unit yang akan disuplai belum tahu, karena tergantung dari permintaan Nissan. Bahkan, mulai 2020 juga Nissan akan memproduksi mesin Xpander, dan itu bukan dari bagian pengembangan investasi Mitsubishi.

Baca juga: Mesin Xpander Diproduksi Lokal Nissan Indonesia

"Kami tidak tahu ke depan Nisaan menjualnya berapa banyak. Soal investasi Nissan juga membuat keputusan sendiri," kata pria berkebangsaan Jepang itu.

Varian baru Mitsubishi Xpander muncul di BandungMMKSI Varian baru Mitsubishi Xpander muncul di Bandung

Masuko melanjutkan, pada tahun fiskal 2020 kapasitas produksi tahunan akan ditingkatkan dari 160.000 unit menjadi 220.000 unit. Perakitan Xpander juga sudah pasti meningkat dari 115.000 unit per tahun menjadi 160.000 unit per tahun pada tahun fiskal 2020.

Bicara mengenai aliansi, secara global Nissan menguasai 34 persen saham Mitsubishi. Oleh sebab itu, untuk memperkecil biaya riset dan produksi, antara anggota bisa berbagi platform kendaraan, salah satunya Xpander ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com