Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dulu Tak Dilirik, Ini Mobil-mobil Bekas yang Sekarang Mulai Dicari

Kompas.com - 04/10/2018, 14:44 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Isu perluasan ganjil-genap yang akan dipermanenkan berdampak positif bagi penjualan mobil bekas (mobkas) yang dulunya kurang digemari. Mobil-mobil tersebut kini menjadi alternatif bagi konsumen yang mencari mobkas sebagai kendaraan kedua mengakali kebijakan pembatasan mobil pribadi.

Menurut Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasaih, ada beberapa mobkas yang kini mulai dicari kembali setelah sebelumnya kalah pamor dengan merek lain.

"Jenis beragam, dari city car itu seperti Sirion dan Mirage mulai dicari lagi, lalu beberapa mobil Korea Selatan seperti Picanto juga. Untuk yang MPV seperti Nissan Grand Livina mulai naik daun lagi, artinya tidak mandek terlalu lama di showroom," ucap Herjanto saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/10/2018).

Baca juga: Isu Ganjil-genap Bikin Mobil Bekas Bergairah

Herjanto menjelaskan, naiknya beberapa mobil tadi lebih karena perbandingan harga. Dalam kondisi isu ganjil-genap, konsumen yang mencari mobkas biasanya enggan langsung menyasar ke mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC), mereka cenderung mencari alternatif mobil non-LCGC.

Pasar mobkas di kawasan Cempaka PutihStanly/Otomania Pasar mobkas di kawasan Cempaka Putih

Contoh seperti Ayla atau Agya lansiran 2016 yang kini harganya berkisar antara Rp 89 juta sampai Rp 95 juta. Ketika dibandingkan dengan Sirion 2015 atau 2016 yang harganya Rp 110-115 juta, maka kecenderungannya memilih Sirion.

"Mereka membandingkan dulu, kalau selisih Rp 20 - Rp 30 juta mereka ambil yang atas karena yang mereka pikirkan lagi harga jual kembali. Jadi harapannya saat nanti satu dua tahun mereka jual, harganya tidak terlalu jatuh. Kalau Korea, seperti Picanto itu sekitar Rp 100 jutaan untuk yang matik tahun 2016," ucap Herjanto.

Baca juga: Avanza dan Xenia Bekas Diserap Konsumen Daerah


Kondisi ini juga dirasakan Teddy, pemilik showroom mobkas di MGK Kemayoran. Tren penjualan Grand Livina mulai meningkat sejak adanya perluasan ganjil-genap, bahkan cenderung lebih cepat laku dibandingkan Avanza atau Xenia.

"Livina yang paling banyak dicari itu yang 1.8 tipe XV. Kisaranya harganya sekitar Rp 130 jutaan, beda tipis dengan Avanza tapi cc lebih besar dan modelnya juga lebih modern. Kalau untuk Xenia dan Avanza penjualan normal, tapi peminat lebih ke pinggiran Jakarta," kata Teddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com