Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Buka Suara Soal Produksi Mesin Xpander

Kompas.com - 24/10/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) buka suara terkait perakitan mesin Mitsubishi Xpander. Merek otomotif asal Jepang yang beraliansi dengan Mitsubishi itu akan merakit jantung pacu Xpander pada tahun fiskal 2020.

Hana Maharani, Head of Communication PT NMI menjelaskan bahwa, seperti yang diumumkan oleh Mitsubishi Motors bahwa dua tahun lagi Nissan akan merakit mesin Xpander yang punya kubikasi 1.500 cc.

"Tetapi secara jumlah belum bisa kita informasikan lebih jelas, tetapi akan diproduksi di pabrik kami yang ada di Purwakarta," kata Hana ketika dihubungi Kompas.com, Senin (23/10/2018) malam.

Meski begitu, Hana belum bisa memberikan jawaban kapan Nissan mulai menjual kembaran Xpander di Indonesia. Informasi awal, meluncur pada awal tahun depan.

Baca juga: Mesin Xpander Diproduksi Lokal Nissan Indonesia

"Pada saatnya nanti akan kita informasikan, sekarang untuk soal produk baru masih sebatas ini yang bisa kita umumkan," kata Hana lagi.

Berdasarkan data yang dimiliki Kompas.com, pabrik Nissan yang berdiri di atas lahan 3.000 meter persegi itu memiliki line produksi engine machining. Bukan hanya mesin, tetapi bisa juga merakit transmisi.

CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko sebelumnya pernah mengatakan bahwa pabrik Nissan di Indonesia nantinya bisa memproduksi sekitar 160.000 unit mesin per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com