Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kabar Suzuki Jimny untuk Indonesia?

Kompas.com - 24/10/2018, 11:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki All New Jimny jadi salah satu produk Suzuki yang dinanti kehadirannya di Indonesia. Suzuki memperlihatkan SUV legendaris ini pada pameran Agustus lalu dan seketika itu banyak sekali calon konsumen yang ingin memiliki Jimny terbaru.

Fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Diberitakan beberapa waktu lalu, permintaan Jimny di seluruh dunia melonjak drastis yang membuat Suzuki kewalahan untuk memenuhi produksi kendaraan penggemar kegiatan luar ruang tersebut.

Lantas bagaimana rencana Suzuki Indonesia untuk Jimny sampai saat ini? Mengingat pabrik Suzuki di Indonesia menjadi yang ketiga terbesar di dunia, adakah kemungkinan diproduksi di Tanah Air?

Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Seiji Itayama masih menutup rapat rencana tersebut.

Baca juga: Hasil Tes Tabrak Jimny, Cuma Bintang Tiga

Penampakan Suzuki Jimny Sierra di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (1/8/2018) atau sehari menjelang dibukanya Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.Kompas.com/Alsadad Rudi Penampakan Suzuki Jimny Sierra di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (1/8/2018) atau sehari menjelang dibukanya Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

“Apakah akan produksi atau impor atau malah tidak masuk sama sekali? Mohon bersabar. Kami masih mempelajari kemungkinan-kemungkinan tersebut,” ucap Itayama saat ditemui beberapa waktu lalu.

Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra menjelaskan, penerimaan konsumen terhadap Jimny terbaru saat pameran sangat baik. Namun ia mengungkapkan, pihaknya tidak ingin menjadikan hal tersebut sebagai satu-satunya pertimbangan.

Suzuki masih mencari beberapa pertimbangan untuk benar-benar yakin membawa produk SUV ini ke Tanah Air. Meski demikian, Donny mengungkapkan peluang kehadiran generasi keempat SUV ini cukup terbuka lebar. 

“Kalau kami tidak melihat produk ini ada potensi tentu kami tidak akan studi. Itu jawaban saya,” ucap Donny saat ditemui beberapa waktu lalu.

Baca juga: Hasil Tes Tabrak Jimny, Cuma Bintang Tiga

Donny tidak khawatir Jimny hadir terlalu lama sampai kehilangan momentum penjualan. Ia meyakini dengan produk semacam Jimny, momentum penjualan dapat diciptakan.

Pihak Suzuki Indonesia dikabarkan juga terus berkomunikasi dengan pihak prinsipal untuk menghadirkan SUV ini di Indonesia. Suzuki berharap konsumen Jimny untuk dapat bersabar.

Jimny terbaru dikatakan lahir dari pabrik Suzuki di Jepang. Suzuki sendiri memproduksi dua model untuk Jimny yakni dengan mesin 600 cc yang dipasarkan di Jepang dan mesin 1.500 cc milik All New Ertiga untuk pasar luar Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com