Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Musim Hujan, Pemilik Mobil Wajib Perhatikan Ini

Kompas.com - 31/10/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Jabodetabek sudah cukup tinggi. Masyarakat yang beraktivitas menggunakan kendaraan bermotor, harus ekstra hati-hati demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya buat pemilik mobil melakukan pengecekan unit, sebelum memulai aktivitas. Sederhananya, ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan khusus, karena punya peran penting selama berkendara di musim hujan.

Menurut General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi, paling penting cek kondisi wiper dan juga ban.

"Keduanya merupakan komponen yang penting ketika berkendara di musim hujan," ucap Dadi kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Perlambat Laju Kendaraan saat Hujan Deras

Dadi menjelaskan, cek kondisi wiper karena setiap orang akan sering menggunakan komponen ini ketika turun air hujan, untuk menjaga visibilitas selama berkendara.

Selain itu, ban juga perlu dicek karena kebanyakan orang kata Dadi, jarang mempedulikan ini, padahal ban merupakan komponen yang paling penting.

"Ketebalan ban sangat penting untuk keselamatan dan keamanan, apalagi ketika jalan basah, menjadi lebih penting lagi," ucap Dadi.

Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat bladebosch Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade

Bukan hanya itu, Dadi juga menyarankan kepada pemilik mobil untuk mengecek apakah ada air yang masuk ke dalam kabin. Jika ada segera diperbaiki, karena bisa mengganggu keamanan dan kenyamanan ketika mengemudi.

"Jangan sampai air masuk, nanti air tersebut bisa mengakibatkan korsleting, dan komponen yang terkena air tersebut bisa menjadi rusak," kata Dadi lagi.

Nah, buat pemilik mobil tidak ada salahnya untuk memperhatikan hal itu sebelum mulai mengemudi. Demi menjaga keamanan dan juga keselamatan bersama, selama musim hujan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com