Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah GSX-R, Giliran Suzuki Bandit yang Pasang ABS

Kompas.com - 01/11/2018, 09:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi menambah keluarga GSX-R150 dengan meluncurkan versi ABS (anti-lock braking system). Dibandingkan model GSX-R150 biasa, model ABS dibanderol lebih mahal Rp 3 juta.

Namun selain GSX-R150, rupanya Suzuki juga sedang memasang ancang-ancang untuk mengaplikasi perangkat ABS pada GSX 150 Bandit. Hal ini terlihat dari salah satu konsep modifikasi Bandit yang sudah mengaplikasi perangkat ABS.

Pada gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, Suzuki memang membawa beberapa konsep modifikasi, salah satunya Bandit dengan gaya touring. Selain menggunakan perangkat kompartemen boks dan suspensi upside down, Bandit modifikasi ini juga sudah mengusung teknologi ABS.

Baca juga: Suzuki Bandit 150, Motor Sport Harian dan Jalan-jalan

Melihat dari modelnya, sistem ABS yang disematkan pada Bandit nampak serupa dengan yang digunakan GSX-R150 atau pun GSX-R125 versi ekspor. Sayangnya, saat menanyakan hal ini Sales Marketing 2W Departement Head SIS Yohan Yahya, belum memberikan kepastian mengenai hal ini.

Modifikasi Suzuki Bandit dengan ABS Modifikasi Suzuki Bandit dengan ABS
"Kita sudah ada contoh dan kita bawa Bandit yang gunakan ABS, jadi sudah ada konsepnya. Kalau nanti bagaimananya, itu balik tergantung pasarnya saja. Bila ternyata konsumen banyak yang menginginkan yah kenapa tidak," kata Yohan, kepada Kompas.com usai seremoni peluncuran GSX-R150 ABS di Senayan, (31/10/2018).

Lebih lanjut Yohan menjelaskan bahwa Suzuki menerapkan ABS pada model GSX-R bukan tanpa sebab. Sajak awal diluncurkan, GSX-R sudah diposisikan sebagai model yang lebih agresif dibandingkan versi GSX-S. Hal ini terlihat dari beberapa perbedaan dimensi antar keduanya, contoh seperti lebar keseleruhan model R yang lebih ramping dari tipe S.

"Tadinya GSX-R ini sudah kita persiapkan memang untuk varian yang lebih ke racing. Jadi berangkat dari situ kenapa akhirnya kita pasang ABS di GSX-R150 ini," ujar Yohan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com