Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ngunduh Mantu" di Medan, Jokowi Datangkan 7 Kereta Kencana dari Solo

Kompas.com - 19/11/2017, 11:04 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Tujuh kereta kencana yang dipakai prosesi pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dan Muhammad Bobby Afif Nasution di Solo didatangkan kembali pada acara ngunduh mantu orang nomor satu Indonesia itu di Medan, Sumatera Utara.

"Ada tujuh kereta kencana dengan 14 kuda yang dibawa ke Medan sesuai permintaan keluarga Presiden Jokowi," ujar Sunardi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (19/11/2017) pagi.

Sunardi merupakan salah satu kusir kereta kencana yang membawa Bobby Nasution bersama keluarga menuju gedung pernikahan di Graha Saba Buana, Solo, dua pekan lalu.

Baca juga: Kahiyang-Bobby Bakal Jalani Prosesi Haroan Boru

Sunardi mengatakan saat ini ia bersama 23 kusir menuju Kota Medan dengan menumpang bus yang disediakan Kodim. Tidak hanya bersama bus yang ditumpangi, menyusul sembilan truk yang mengangkut tujuh kereta kencana dan 14 kuda poni.

"Tadi malam berangkatnya dari Solo," ujar Sunardi.

Soal peran dan acaranya, Sunardi mengaku tidak tahu. Ia bersama tujuh kusir dan 16 kru diminta datang kembali lengkap dengan seragam ke Medan.

"Nanti mau dipakai dalam sesi acara kami belum tahu," katanya.

Baca juga: 10.000 Tamu Pesta Adat Kahiyang dan Bobby, Hotel di Medan Hampir Penuh

Menurut Sunardi, dari delapan kereta kencana yang dipakai di Solo, satu di antaranya tidak dibawa ke Medan.

"Kereta yang tidak dibawa kereta kencana yang dipakai membawa Mbak Kahiyang. Tujuh kereta lainnya dibawa ke Medan," ungkap Sunardi.

Sunardi menambahkan, perjalanan dari Solo ke Medan normalnya memakan waktu empat hari empat malam. Namun, bisa jadi waktu tiba ke Medan lebih cepat lantaran bus dan truk dikawal petugas selama di jalan raya. (k119-16)

Kompas TV Keunikan prosesi resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada malam hari digelar dengan prosesi pernikahan adat Jawa klasik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com