KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Di Kota Semarang Ada Lima Fasilitas Gratis Loh, Mau?

Kompas.com - 25/11/2017, 18:40 WIB
Josephus Primus

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com -Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah terus berupaya membahagiakan warganya melalui sejumlah terobosan kebijakan dan inovasi pelayanan publik. 

 Terobosan kebijakan itu berimbas pada keterjangkauan warga dalam segala bidang. Terobosan kebijakan yang dipersiapkan berasal dari sektor kesehatan, pendidikan, transportasi hingga wisata. 

 Di bawah kepemimpinan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan wakilnya Hevearita G Rahayu, Kota Semarang telah menyiapkan berbagai fasilitas itu acara gratis bagi warganya.

Setidaknya ada lima hal fasilitas gratis itu yang perlu Anda ketahui. 

 Biaya Kesehatan Gratis 

 Tepat 1 November 2017, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC). Melalui program layanan tersebut, seluruh masyarakat Kota Semarang, baik mampu maupun tidak mampu, ditanggung biaya kesehatannya secara penuh oleh Pemerintah Kota Semarang.

 Warga Semarang ketika sakit tidak hanya dilayani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  milik pemerintah saja. Pelayanan gratis ini juga memberikan jaminan gratis bagi masyarakat yang ingin berobat dan dirawat di seluruh rumah sakit swasta. 

 Fasilitas kesehatan yang disediakan mulai dari pengobatan ringan, berat,hingga persalinan.

 Biaya Pendidikan Gratis

 Sekian di sektor kesehatan, sektor pendidikan juga disentuh. Wali Kota  Semarang yang juga politisi PDI Perjuangan itu mengimplementasikan pendidikan gratis di sekolah negeri dan sekolah swasta pada jenjang SD dan SMP.

 Jika sekolah negeri di Semarang saat ini sudah gratis,  sekolah swasta mulai 2018 seluruhnya akan digratiskan. 

 Untuk tahap pertama, fasilitas di sekolah swasta akan digratiskan bagi siswa dari keluarga tidak mampu. Namun di masa mendatang, siapa pun siswa yang sekolah di sekolah swasta tidak dipungut biaya alias akan digratiskan biaya pendidikannya. 

 Biaya PBB Gratis 

 Ke depan, Pemkot Semarang juga memulai menggratiskan untuk pemanfaatan listrik dari panel surya dan air gratis dari tadah hujan. 

 Untuk implementasi program itu,  Pemerintah Kota Semarang berupaya membangun pembangkit listrik skala kelurahan dengan panel surya atau atau generator listrik tenaga angin. Sedangkan untuk air bersih gratis sedang disiapkan rancangan sistem air bersih melalui tadah hujan.

 Biaya Transportasi Gratis

 Sektor transportasi juga masuk terobosan kebijakan. Hendrar merealisasikan single transaction ketika naik Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang. Ketika bepergian atau pindah angkutan, cukup bayar satu kali, tidak perlu bayar lagi. 

 Sekian BRT, Pemkot Semarang juga tengah mengupayakan LRT dan Travelator. Travelator merupakan transportasi publik menggunakan eskalator. 

 "Jadi nanti eskalatornya akan dibangun di jalur pedestrian sebagai transportasi publik gratis", kata Hendrar. 

 Biaya Rekreasi Gratis

 Sektor Pariwisata juga disiapkan dengan baik oleh Pemkot Semarang, dengan menyediakan spot wisata gratis bagi warganya. Wisata gratis dapat ditemui di 112 Kampung Tematik di tiap kelurahan. 

 Wisata gratis di tempat-tempat ikonik juga dapat dilakukan dengan menaiki bus tingkat. Bus tingkat laiknya di London itu gratis membahagiakan warga.  (KONTRIBUTOR SEMARANG/ NAZAR NURDIN)

 

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com