Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Ledakan Bom di Kantor Pelayanan SIM Colombo Surabaya

Kompas.com - 14/05/2018, 15:20 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video dan pesan berantai menyebar di media sosial dan grup-grup percakapan yang menyebutkan ada ledakan bom di Kantor Pelayanan Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Colombo Polrestabes Surabaya di Krembang, Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/5/2018).

Informasi ini tidak benar alias hoaks.


Narasi yang berkembang

Video ledakan bom tersebut banyak beredar di percakapan WhatsApp. Namun, banyak pula warganet yang mengunggahnya ke Youtube.

Berikut tangkapan layar beredarnya informasi ini:

Di media sosial menyebar video dan pesan berantai yang menyebutkan ada ledakan di Kantor Pelayanan SIM Colombo Surabaya. Info ini hoaks.Instagram Di media sosial menyebar video dan pesan berantai yang menyebutkan ada ledakan di Kantor Pelayanan SIM Colombo Surabaya. Info ini hoaks.

Di Youtube, beberapa akun mengunggah ledakan tersebut. Misalnya akun Afgan Bris mengunggah video tersebut dengan judul "Bom Colombo". Tautannya bisa klik di sini.

Kemudian, akun Fajar Nucalale juga mengunggah video tersebut dengan judul "Ledakan di Kantor Samsat Surabaya", bisa diklik di sini.


Penelusuran Kompas.com

Kompas.com mengonfirmasi informasi ini kepada Polda Jawa Timur. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menegaskan bahwa informasi itu tidak benar.

"Hoax itu yang di Colombo, masyarakat jangan mudah percaya hoax," kata Barung kepada Kompas.com, Senin siang. Tidak ada bom yang meneror Kantor Pelayanan SIM Colombo surabaya. 

Selengkapnya, baca penelusuran Kompas.com:
Hoaks, Kabar Ledakan Bom di Kantor Pelayanan SIM Colombo Surabaya 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com