Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penonton dan Peserta Kompetisi E-sport Ditembaki, 4 Tewas

Kompas.com - 27/08/2018, 07:42 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Peristiwa penembakan massal kembali terjadi. Kali ini gamer dan penonton dalam sebuah turnamen e-sport ditembaki di wilayah Jacksonville, Florida, Amerika Serikat.

Menurut penegak hukum setempat, setidaknya ada empat orang tewas dari peristiwa ini, termasuk pelaku penembakan, seperti Dikutip KompasTekno dari CNN, Senin (27/8/2018).

Kemudian setidaknya ditengarai ada cukup banyak korban luka-luka namun belum dapat dipastikan berapa jumlahnya.

Menurut saksi mata, peristiwa penembakan tersebut terjadi saat acara kualifikasi untuk turnamen game sepak bola Amerika, Madden 19 dihelat.

Ia mengatakan mendengar beberapa kali suara tembakan keras dan acara kemudian dihentikan.

Turnamen ini sempat disiarkan secara live streaming dan rekaman yang menggambarkan kejadian pun sempat terekam. Dalam video, terdengar suara tembakan dan kekacauan setelah siaran live streaming menampilkan tampilan game dan dua orang peserta yang sedang bertanding.

Turnamen game Madden 19 sendiri dilaksanakan di kompleks Jacksonville Landing, GLHF Game Bar, CompLexity Gaming. Menurut EA, kualifikasi ini merupakan salah satu dari kompetisi yang diselenggarakan untuk mencari empat finalis yang akan digelar Oktober mendatang.

Lokasi acara kualifikasi ini memang cukup terbuka dengan sejumlah toko, bar dan restauran berjejeran di pusat kota Jakcsonville sehingga pelaku dengan mudah melakukan penembakan.

"Saya sangat terkejut dan tidak bisa bicara. Yang saya dengar adalah ketika ia (pelaku) mengacungkan pistol dan penembakan dimulai. Salah satu orang berlari ke arah Hooters dengan luka tembak. Mereka mengunci kami di dalam restoran," ungkap Malik Brunson, salah satu saksi mata dalam kejadian tersebut.

Ryen Alemon, saksi mata lainnya mengungkapkan kejadian tersebut berlangsung begitu cepat. Ia juga mengatakan mendengar beberapa suara tembakan dan langsung menunduk di tempat kejadian.

Tersangka telah diidentifikasi sebagai seorang kulit putih dan tewas di tempat kejadian. Namun Sheriff Mike Williams yang menangani kasus ini belum mengungkapkan siapa identitas pelaku penembakan tersebut.

Baca juga: Pelaku Penembakan Kompetisi E-sport Ternyata Gamer yang Kalah

Menurut pihak berwenang setempat, para korban peristiwa penembakan ini berusia sekitar 25 sampai 35 tahun. Korban yang luka serius memiliki beberapa luka tembak di sejumlah bagian tubuh, termasuk bagian dada.

"Pembantaian di Jacksonville adalah peringatan tragis akan ancaman yang kita hadapi dari kekerasan senjata. Tidak peduli siapa kita atau di mana kita berada. Dan kejadian ini menunjukkan ketidakmampuan negara ini untuk menjaga anak-anak kita agar tetap aman," ungkap Gabrielle Giffords, seorang aktivis anti-kekerasan bersenjata.

Pemerintah AS pun mengatakan tengah berupaya menyelidiki dan menangani kejadian ini. Presiden Amerika Serikat, Donald Trump pun diberitakan telah mengetahui kabar penembakan ini dan telah memberikan bantuan penanganan hukum.

Para penegak hukum dan agen federal pun memperketat pengawasan di wilayah Jacksonville. Gubernur Rick Scott mengatakan akan menyelidiki dan mengusut tuntas kejadian ini.

Baca juga: Rumah Pasangan YouTuber Ditembaki Penggemar yang Cemburu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com