Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16-26 Agustus Ada Festival Kopi dan Teh di Pinggir Pantai Ancol

Kompas.com - 09/08/2018, 08:05 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comCoffee and Tea Beach Festival Indonesia akan diselenggarakan di kawasan Monumen Ancol, yang tidak jauh dari Pantai Festival, Ancol Taman Impian, Jakarta, pada 16-26 Agustus 2018.

Dalam festival yang bekerjasama dengan berbagai komunitas kopi dari berbagai daerah itu menyajikan berbagai acara, mulai kompetisi, parade hingga bazaar kopi dan teh.

"Nanti para jawara-jawara kopi dari komunitas daerah akan tanding, salah satunya di kompetisi latte art dan manual brew, cupping, dan lain-lain," terang Vice President Taman Impian Jaya Ancol, Sunarto saat konferensi pers di Resto Mang Engking, Ancol, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Ia mengklaim festival ini merupakan yang pertama di Indonesia dengan konsep festival kopi dan teh di pinggir pantai. Harapannya, dua kekayaan Indonesia itu lebih bisa dipromosikan pada wisatawan yang juga menyukai wisata pantai.

"Kopi dan teh ini kan lagi naik daun, apalagi Indonesia itu sangat kaya jenis-jenisnya, mangkanya setelah kita dibantu berbagai komunitas kopi dan teh, kita mau lebih mengenalkan ke wisatawan," tutur Sunarto kepada KompasTravel seusai acara.

Ia menambahkan dari puluhan jenis kopi dan teh yang dihadirkan, kopi asli Indonesia mendapat porsi terbesar dan jadi produk utama dalam festival tersebut. Adapun kopi luar seperti dari Ethiopia, Brazil, hanya menjadi pelengkap citarasa.

"Mumpung momennya lagi tepat, jadi suapaya bisa mem-booming-kan potensi Indonesia ini ke masyarakat maupun wisatawan peserta Asian Games," beber Sunarto.

Salah satu yang tidak kalah serunya ialah, ada parade mengkocok teh talua. Proses membuat teh asal Sumatera Barat tersebut akan dilakukan bersama-sama dan diparadekan.

Wisatawan juga bisa lebih mengenal budaya teh dari berbagai daerah di Asia dalam sesi Asian Tea Culture Festival.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com