Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Buah Tangan Wajib dari Kota Medan

Kompas.com - 04/09/2018, 18:23 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kota Medan punya banyak makanan dan suvenir yang cocok dijadikan buah tangan.

Mulai dari kain tradisional, kue khas, hingga durian, berikut daftarnya.

1. Bika Ambon

Tak seperti namanya, kue ini merupakan jajanan oleh-oleh khas Kota Medan. Bika Ambon terbuat dari tepung tapioka, santan, gula, telur dan air nira.

Tempat yang menjual bika Ambon populer di Medan adalah Bika Ambon Zulaikha yang terletak di Jalan Mojopahit No 62 dan 96 D-E-F.

2. Bolu Meranti

Kue gulung dengan tekstur lembut ini sudah jadi ciri khas oleh-oleh dari Medan. Bolu meranti memiliki beragam varian rasa mulai dari nanas, keju, stroberi, mocca, kacang, sampai blueberry.

Bolu dapat bertahan sampai tiga hari di luar lemari es. Anda bisa membelinya di Jalan Kruing 2K dan Jalan Sisingamangaraja No 19B.

3. Durian dan olahannya

Selain kue, Anda bisa jadikan durian sebagai oleh-oleh. Mulai dari durian asli hingga olahannya seperti pancake durian, es krim durian, hingga jus durian.

Anda bisa berkunjung ke gerai Ucok Durian di jalan Wahid Hasyim. Jangan khawatir bagi yang ingin membawanya naik pesawat, karena oleh-oleh akan dikemas secara khusus.


Di pasar Cisalak, Depok, harga teri medan Rp 140.000 per Kg, lebih mahal ketimbang daging sapi yang mencapai Rp 110.000 per Kg.Iwan Supriyatna/Kompas.com Di pasar Cisalak, Depok, harga teri medan Rp 140.000 per Kg, lebih mahal ketimbang daging sapi yang mencapai Rp 110.000 per Kg.

4. Teri Medan

Teri Medan biasanya diolah dengan ragam jenis makanan lainnya. Teri medan juga dijual mentah dan dikemas dalam berbagai ukuran dengan harga Rp 70.000 hingga Rp 80.000 per kilogram.

Jika ingin membelinya sebaga oleh-oleh, Anda bisa datang ke Jalan Majapahit dan sekitarnya. Di sana berderet penjual teri medan mentah.

5. Kacang Sihobuk

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com