Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Bandara Megah yang Resmi Beroperasi 2019

Kompas.com - 01/11/2018, 10:27 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin banyak orang yang menggunakan transportasi pesawat, semakin dibutuhkan fasilitas yang dapat menunjang pergerakan manusia tersebut. Fasilitas vital dalam dunia penerbangan salah satunya adalah bandara.

Pada 2019 akan lebih banyak bandara baru atau ditingkatkan dari yang sudah ada. Tiga bandara berikut ini dirancang megah dengan berbagai fasilitas canggih untuk menunjang perjalanan para pejalan:

1. Istanbul New Airport, Turki

Bandara yang direncanakan sebagai bandara terbesar di dunia ini resmi dibuka Senin (29/10/2018). Menempati luas lahan 19.000 hektar dan diperkirakan dapat menampung 200 juta pengunjung per tahun ketika rampung. Istanbul New Airport direncanakan rampung total 10 tahun mendatang.

Baca juga: 7 Fakta Soal Bandara Terbesar di Dunia, Istanbul New Airport

Saat ini masih dilakukan perpindahan secara bertahap dari Istanbul Ataturk Airport dan disebutkan akan rampung pada akhir Desember 2018. Jadi pada 2019, Istanbul New Airport akan menjadi gerbang awal para wisatawan yang berkunjung ke Istanbul.

Istanbul New Airport.Dok. CNN international Istanbul New Airport.

2. Singapore Changi Airport, Singapura

Bandara yang mendapat predikat sebagai paling favorit di dunia ini menambah gedung baru yakni Jewel. Siap dibuka pada 2019, ada berbagai fasilitas dan sarana rekreasi bagi wisatawan. Paling ditunggu adalah air terjun dalam ruang tertinggi di dunia.

Baca juga: 2019, Air Terjun Indoor Tertinggi di Dunia Ada di Changi Singapura

Jewel juga akan menjadi pusat perbelanjaan dengan total 280 gerai yang terdapat di lima lantai ke atas dan lima lantai ke bawah tanah. 

Pertengahan 2020, Changi Airport juga akan membuka Terminal 5 dengan kapasitas 50 juta pengunjung per tahun.

Beijing Daxing International Airport.Dok. CNN Beijing Daxing International Airport.

3. Beijing Daxing International Airport, China

Siap dibuka pada 2019 dan menjadi basis China Eastern Airlines dan China Southern Airlines, dipindahkan dari Beijing Capital Airport. Fasilitas canggih seperti kereta bandara ke kota dengan kecepatan tinggi menjadi fasilitas unggulan dari bandara ini.

Bandara ini juga akan menyediakan terminal terbesar di dunia dan mampu menampung 100 juta pengunjung per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com