Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iconsiam, Pusat Belanja dan Hiburan Terbesar di Bangkok Resmi Dibuka

Kompas.com - 18/11/2018, 16:17 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel


JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat belanja dan hiburan Iconsiam, Bangkok, Thailand dibuka untuk umum Sabtu (10/11/2018).

Iconsiam saat ini menjadi pusat belanja dan hiburan terbesar di Bangkok, dengan luas 750.000 meter persegi. Pembangunannya sendiri menghabiskan biaya 1,65 miliar dollar AS.

Iconsiam yang berada di Thonburi memiliki berbagai fasilitas seperti air terjun, taman luar ruang, hotel, kondominium mewah, tempat parkir khusus mobil sport, restoran bintang Michelin, 100 restoran lainnya, dan 7.000 gerai untuk retail lokal dan mewah.

"Iconsiam adalah destinasi bukan mal atau pengembangan gabungan. Ini lahir dari upaya kreatif bersama orang-orang Thailand dari berbagai lapisan masyarakat," kata Direktur Iconsiam Chadatip Chutrakul dilansir dari CNN Travel.

Iconsiam di Bangkok, Thailand. Dok. CNN Travel Iconsiam di Bangkok, Thailand.

Iconsiam yang tidak mau disebut sebagai mal ini memiliki daya tarik lain yakni Sooksiam. Ini adalah ruang dengan luas 16.000 meter persegi yang terletak di lantai dasar. Sooksiam khusus mempromosikan seni, budaya, dan makanan dari 77 provinsi Thailand. Di sini juga terdapat pasar apung kecil.

Selanjutnya River Park, luar ruang dengan luas 10.000 meter persegi yang diklaim akan menjadi fitur multimedia medium air terbesar di Asia Tenggara. Di sini pengunjung dapat melihat karya seni dan arsitektur lebih dari 100 seniman Thailand dan Internasional.

Iconsiam di Bangkok, Thailand.Dok. CNN Travel Iconsiam di Bangkok, Thailand.

Dengan berbagai fasilitas Iconsiam yang memukau, sebenarnya bangunan ini tidak luput dari kontroversi. Banyak yang mengkritik pembangunan Iconsiam karena merasa Bangkok tidak perlu tambahan pusat belanja. Apalagi Iconsiam didominasi retail barang mewah yang tidak dapat dijangkau seluruh golongan masyarakat di Thailand.

Namun demikian pembangunan terus berlangsung. Bioskop IMAX rencananya akan dibuka pada akhir tahun 2018. Pertengahan 2019, sebuah auditorium akan dibuka sebagai lokasi MICE di Bangkok.

Tahun depan juga akan dubuka River Museum Bangkok, khusus untuk menarik para turis mancanegara datang ke Iconsiam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com