Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi All England 2020, Para Pemain China Sudah Mendarat di Inggris

Kompas.com - 21/02/2020, 09:38 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Para pebulu tangkis China sudah mendarat di Inggris untuk mengikuti turnamen All England Open 2020.

Padahal, turnamen tertua di dunia tersebut baru akan dimulai pada 11-15 Maret nanti di Birmingham Arena, Birmingham, Inggris.

Dilansir BolaSport.com dari The Star, para pemain berangkat pada Sabtu (15/2/2020) dan memilih berdiam di Kota Nottingham.

Harus diakui, All England termasuk turnamen yang menjadi impian semua pebulu tangkis top di muka bumi ini.

Baca juga: Undian All England 2020, Ganda Putra Berpotensi Ciptakan All-Indonesian Final

Sebagai informasi, sebelum BWF menggelar Kejuaraan Dunia, juara All England secara tidak resmi dianggap sebagai juara dunia bulu tangkis saat itu.

All England tetap memiliki aura sakral meski Inggris bukan lagi kekuatan besar di bulu tangkis. Tidak heran bila para pemain berambisi tampil dalam ajang level Super 1.000 itu, tak terkecuali pebulu tangkis China.

Tekad yang kuat untuk menjadi yang terbaik dalam ajang tersebut membuat para pemain China rela datang lebih awal ke Inggris.

Apalagi, mereka sedang menghadapi situasi sulit. Pergerakan mereka menjadi terbatas akibat merebaknya wabah virus corona atau Covid-19.

Ya, tim Negeri Panda ini bahkan harus absen dari Kejuaraan Beregu Asia 2020 di Filipina lantaran dilarang masuk oleh pemerintah setempat.

Filipina sejatinya masih membuka ruang bagi warga negara China untuk masuk ke wilayahnya. Mereka diperbolehkan datang asal 14 hari sebelumnya berdiam di luar China.

Baca juga: Undian All England 2020, Jalan Terjal Gregoria Mariska Tunjung

Tak ingin kejadian serupa terulang, skuad bulu tangkis China terbang ke Inggris hampir empat pekan sebelum All England digelar demi bisa tampil.

Kebetulan, Inggris dan Uni Eropa belum mengeluarkan larangan berkunjung bagi wisatawan China. Shi Yu Qi dkk menggunakan fasilitas Universitas Nottingham sebagai markas latihan.

Demi tiket Olimpiade

Tak cuma soal sejarah yang membuat All England begitu mentereng di mata para pemain.

status All England sebagai turnamen akbar terakhir dalam periode kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 membuatnya menjadi destinasi wajib bagi skuad China.

Sebab, masih ada pemain China yang posisinya belum aman dalam kualifikasi Olimpiade, utamanya di sektor tunggal putra dan ganda putra.

Shi Yu Qi yang kini menempati ranking ke-13 harus berjuang keras untuk bertahan di posisi 16 besar demi menemani Chen Long (6) yang berpeluang besar lolos ke Tokyo.

Pemain veteran, Lin Dan, juga masih berpeluang untuk melakoni penampilan kelima di pesta olahraga terbesar di dunia itu.

Federasi bulu tangkis China juga berharap Han Cheng Kai/Zhou Hao Dong (11) naik ke posisi delapan besar untuk mendampingi Li Jun Hui/Liu Yu Chen (3) pada nomor ganda putra. (Ardhianto Wahyu Indraputra)

Berita ini sudah tayang di BolaSport.com dengan judul: All England Open 2020 Masih 3 Minggu Lagi, Skuad Bulu Tangkis China Sudah Tiba di Inggris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com