Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asosiasi Bulu Tangkis Jepang Perpanjang Kontrak Para Pelatih

Kompas.com - 06/04/2020, 22:20 WIB
Alsadad Rudi,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Asosiasi Bulu Tangkis Jepang (Nippon Badminton Association/NBA) belum lama ini memperpanjang kontrak para pelatihnya.

Dua di antara pelatih tim bulu tangkis Jepang yang mendapat perpanjangan kontrak adalah duo asal Malaysia, Jeremy Gan dan Tan Kim Her.

Jeremy dan Kim Her selama ini bertanggung jawab atas sektor ganda campuran dan tunggal putra.

Keduanya termasuk di antara enam anggota timnas bulu tangkis Jepang yang melakukan perpanjang kontrak.

Baca juga: Termasuk Indonesia Open, BWF Resmi Tunda Kompetisi hingga Juli 2020

Empat pelatih lainnya adalah Park Joo-bong (pelatih kepala), Kei Nakashima (ganda putri), Choi Sang-beom (tunggal putri), dan Yosuke Nakanishi (tunggal putra).

Asosiasi Bulu Tangkis Jepang senang dengan kinerja pelatih mereka.

Pejabat senior NBA, Kinji Zeniya berharap bahwa enam pelatih akan berkomitmen sampai setidaknya Olimpiade Tokyo 2020 yang telah dijadwal ulang hingga 23 Juli-8 Agustus 2021.

"Saya ingin semua orang melanjutkan (kontrak mereka). Saya pikir Park (Joo-bong) berniat melakukannya, dan begitu juga staf pelatih lainnya," kata Zeniya mengatakan kepada surat kabar harian olahraga Jepang, Nikkan Sports, dilansir BolaSport.com dari The Star.

Jeremy Gan adalah orang pertama yang bergabung dengan Asosiasi Bulu Tangkis Jepang pada Januari 2018.

Baca juga: [POPULER BOLA] Saddil Ramdani Tersangka | Marcus/Kevin Masuk Forbes | Asisten Shin Tae-yong Positif Covid-19

Tan Kim Her selanjutnya bergabung pada April tahun lalu setelah menjalani tiga 3,5 tahun kontrak dengan Asosiasi Bulu Tangkis India.

Gan mengantar Yuta Watanabe/Arisa Higashino sebagai ganda campuran pertama Jepang yang meraih gelar All England pada 2018.

Tan juga andil membuat pasangan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe sebagai ganda putra pertama Jepang yang menjuarai All England.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Is still not the best but thanks for the hard work together , wish to be better next ???? ????????????

A post shared by Jeremy Gan (@jeremyjgwt) on Aug 25, 2019 at 1:29pm PDT

Gan dan Tan akan ditugaskan memimpin para pemain mereka untuk merebut emas ketika Olimpiade digelar di negara mereka sendiri.

Belum ada pebulu tangkis Jepang yang pernah memenangi medali pada sektor ganda putra ganda campuran sejak bulu tangkis dipertandingkan pada Olimpiade Barcelona 1992.

Adapun legenda ganda Korea Selatan, Joo-bong, mencatat rekor dengan mengabdi dengan Asosiasi Bulu Tangkis Jepang lebih dari 17 tahun.

Baca juga: Malaysia Minta BWF Tunda Penggunaan Shuttlecock Sintetis

Park Joo-bong merupakan peraih medali emas ganda putra pada Olimpiade Barcelona 1992. Dia berperan penting dalam mengubah Jepang dari kegagalan besar pada Olimpiade Athena 2004 menjadi kekuatan baru dengan para pemain mereka menghasilkan beberapa prestasi luar biasa.

Prestasi ini termasuk ketika tim bulu tangkis Jepang memenangi Piala Thomas pertama mereka pada 2014.

Baca juga: Asa Jepang dari Sepanjang Garis Pantai Fukushima

Selain itu, pasangan ganda putri Misako Matsutomo/Ayaka Takahashi menciptakan sejarah sebagai orang Jepang pertama yang memenangi emas dari cabang olahraga bulu tangkis pada Olimpiade Rio 2016.

Di bawah kepemimpinan Park Joo-bong, Jepang juga menghasilkan dua juara dunia pertama di tunggal putra dan putri. (Delia Mustikasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com