Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cisumdawu Seksi 1-3 Tuntas Oktober, Sumedang Siapkan Aksesibilitas hingga Kawasan Industri Baru

Lihat Foto
KOMPAS.COM/AAM AMINULLAH
Sejumlah kendaraan keluar dari pintu Tol Cisumdawu di wilayah Sumedang kota. AAM AMINULLAH/KOMPAS.com
|
Editor: Reni Susanti

SUMEDANG, KOMPAS.com - Pembangunan Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) seksi 1, Cileunyi, Kabupaten Bandung hingga seksi 3, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat akan tuntas Oktober 2022.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, Pemkab Sumedang sudah menyiapkan sejumlah langkah dalam menghadapi tuntasnya pembangunan Tol Cisumdawu tersebut.

Dony mengaku, tol tersebut belum selesai hingga Kabupaten Majalengka. Sebab, seksi 3 dari Cimalaka hingga seksi 6 atau wilayah Dawuan, Majalengka, masih dalam tahap pembebasan lahan dan pembangunan.

Baca juga: Soal Tol Cisumdawu, Puluhan Petani di Sumedang Mogok Makan dan Bicara, Berharap Negara Bayar Sesuai Hak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun, kata Dony, dengan beroperasinya tol dari Cileunyi hingga wilayah Cimalaka, maka kendaraan yang melintasi Sumedang, terutama wilayah Sumedang bagian barat yaitu Jatinangor, Tanjungsari, Pamulihan, Sumedang kota akan semakin berkurang.

"Tentunya, kita terus mempersiapkan diri dalam menghadapi beroperasinya Tol Cisumdawu ini. Terutama, kita konsen menyiapkan kawasan wisata dan aksesibilitas di Sumedang," ujar Dony kepada Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Dony menyebut, aksesibilitas di wilayah Sumedang terus ditingkatkan melalui perbaikan jalan untuk menunjang kawasan wisata di Sumedang lebih berkembang.

"Aksesibilitas ini penting untuk menunjang wisata di Sumedang. Jika akses jalannya sudah baik maka yang dari Bandung maupun Cirebon, tidak segan singgah, berwisata di Sumedang," tutur Dony.

Baca juga: 3 Hektare Sawah di Sumedang Terendam Luapan Air dari Tanah Disposal Tol Cisumdawu

Dony optimistis, dengan adanya Tol Cisumdawu, sektor pariwisata di Sumedang, mulai dari sejumlah objek wisata di pesisir Waduk Jatigede, wisata religi, dan kawasan wisata alam lainnya akan tumbuh dan semakin berkembang.

"Selain pariwisata, Sumedang ini juga kan masuk ke dalam pengembangan kawasan Rebana (Subang, Sumedang, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan Cirebon), di wilayah Rebana mencakup Buahdua, Ujungjaya Tomo, dan Jatigede ini, kita juga sudah mulai menyiapkan kawasan industri baru. Sehingga tidak hanya pariwisatanya, ekonominya juga akan tumbuh," kata Dony. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tag

Artikel Terkait


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Video Pilihan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Lihat Semua
Jelajahi