Advertorial

Ini Definisi Sukses Menurut Dua Pendiri Broadcast.com

Kompas.com - 13/09/2017, 19:00 WIB

Setiap orang memiliki definisi suksesnya masing-masing. Kemungkinan definisi sukses setiap orang pun tidak hanya terkait soal materi atau jabatan saja. Contohnya seperti Mark Cuban dan Todd Wagner, dua pendiri situs live streaming Broadcast.com yang kini diambil alih oleh Yahoo. Dua miliarder tersebut ternyata punya definisi sukses yang sangat jauh dari hal-hal yang bersifat materialis.

Menurut Cuban sukses adalah bangun di pagi hari dengan senyum lebar dan bersemangat menjalani hari. Tidak peduli apakah punya banyak uang atau tidak. “Sukses itu adalah saat kamu hanya menjadi dirimu sendiri," katanya.

Forbes mencatat Cuban sebagai orang terkaya ke 564 di dunia dan ke 201 di Amerika Serikat (AS). Total kekayaannya mencapai US$3,3 miliar dari kepemilikan saham di Dallas Mavericks. Namun, ia mengakui bahwa kebahagiaan tidak selalu datang bersama kekayaan.

"Saat susah, mendapat makan gratis dan satu botol bir juga membuat saya bahagia. Bila saat ini kekayaanmu melonjak, jangan lupa cara bersenang-senang," tambahnya. Todd Wagner menambahkan kekayaan hanya menguatkan status siapa diri kita, sehingga tidak bisa jadi definisi sukses. 

Ketika baru menjual Broadcast misalnya, keduanya merasa seperti orang yang baru menang lotere.Cuban dan Wagner bisa membeli apapun yang mereka inginkan. Namun, mereka tak melupakan susah payah mendirikan Broadcast.com di usia 20 tahunan saat itu.

Cuban menyebut bahwa dirinya pernah bangkrut dan bahkan tak memiliki tempat tinggal. Namun, itu adalah pengalaman yang berharga. Pasca menjual Broadcast, Wagner justru membuat yayasan The Todd Wagner Foundation untuk mendukung anak-anak muda yang memiliki masalah.

Dia juga mendirikan The Charity Network, sebuah lembaga untuk mencari pendanaan. Wagner tercatat sudah memberikan setidaknya US$200 juta untuk amal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com