Alasan Dorna Mau Gelar MotoGP di Indonesia

Lihat Foto
KOMPAS.com/FITRI R
Inilah salah satu arena Sirkuit MotoGP Mandalika yang akan dibangun oleh ITDC dan satu perusahaan asal Perancis. Panjang sirkuit 4,34 kilometer dan memiliki 18 tikungan. Gambar ini didapatkan pada Sabtu (23/2/2019).
Penulis: Alsadad Rudi
|
Editor: Eris Eka Jaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Promotor MotoGP, Dorna, disebut sudah lama ingin menghelat ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu di Indonesia.

Hal tersebut dilontarkan Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansyur.

"Memang mereka sudah lama ingin masuk ke Indonesia," kata Abdulbar di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Menurut Abdulbar, keinginan Dorna itulah yang mempermudah jalan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP, bahkan hingga lima musim di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Lombok Gelar MotoGP Selama 5 Musim, Biayanya...

Sebagai pembanding, durasi tersebut lebih lama dibanding Sirkuit Buriram, Thailand, yang hanya diberi tiga musim. Thailand sendiri sudah menjadi tuan rumah MotoGP mulai musim 2018.

Abdulbar menyebut di Thailand sendiri, penyelenggaraan MotoGP dilakukan pihak swasta. Berbeda dengan di Mandalika yang dilakukan ITDC yang notabene BUMN.

"Karena mereka melihat kita kan BUMN, kedua kita pasar yang sangat seksi, jadi mereka semakin lama semakin mau di sini, dan ketiga kita kan pengembang pariwisata," kata Abdulbar.

Baca juga: MotoGP 2021 di Mandalika Diklaim Akan Lebih Sukses daripada di Sentul Dulu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel Terkait

TAG:

Kompas.com Play

Lihat Semua

Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi