Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Sepak Bola yang Sehat Penting bagi Persatuan Bangsa

Kompas.com - 24/02/2020, 18:21 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan Shopee, Pandu P Sjahrir, menyatakan komitmennya untuk terus mendukung sepak bola Indonesia menjadi semakin sehat dan profesional.

Hal tersebut disampaikan saat acara Press Conference & Launching Shopee Liga 1 2020.

Pandu menganggap sepak bola dapat menjadi salah satu sarana untuk mempersatukan bangsa.

"Masyarakat Indonesia, seperti yang kita tahu ini kan sangat mencintai sepak bola, dan kompetisi ini mungkin bisa menjadi salah satu sarana yang terbaik untuk bisa mempersatukan negara yang kita cintai ini, Republik Indonesia," ujar Pandu di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin 24 Februari 2020, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Daftar Sementara Wasit dan Asisten Wasit untuk Liga 1 2020

Pandu tidak memungkiri bahwa untuk sampai ke tujuan tersebut harus melalui jalan yang panjang.

Namun, ia yakin dengan komitmennya untuk terus mendukung sepak bola Indonesia.

"Sebuah kompetisi yang bagus tidak bisa berjalan sendirian, dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi antar-berbagai pihak, baik operator liga, klub, pemain, penyelenggara pertandingan, maupun kehadiran sponsor," kata Pandu.

Pandu melihat perkembangan sepak bola Tanah Air selama satu tahun terakhir mulai berjalan ke arah yang diharapkan.

Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan Shopee, Pandu P Sjahrir, saat acara Press Conference & Launching Shopee Liga 1 2020, Senin (24/2/2020). Dok. Shopee Liga 1 Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan Shopee, Pandu P Sjahrir, saat acara Press Conference & Launching Shopee Liga 1 2020, Senin (24/2/2020).

Hal itu pula yang mendasari dirinya terus berkomitmen mendukung perkembangan sepak bola Indonesia menjadi lebih baik lagi ke depan.

"Selama satu tahun terakhir kita melihat perkembangan sepak bola Indonesia itu positif, apalagi tahun 2021 kita akan jadi tuan rumah Piala Dunia U20," ujarnya.

"Jadi, ini momentum yang sangat baik untuk Indonesia. Ini adalah bentuk kontinuitas, bahwa investasi ini kan tidak bisa hanya setahun, harus multiyear. Kami melihat sama seperti membangun e-commerce, kami harus melihat ini jangka panjang," tuturnya.

Baca juga: Bhayangkara FC Rilis 32 Pemain untuk Liga 1 2020, 14 Nama Akrab dengan Timnas

Pandu Sjahrir adalah Presiden Komisaris perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara, SEA Group.

SEA Group merupakan induk bagi beberapa perusahaan, seperti e-commerce Shopee dan juga Garena, penyedia platform untuk berbagai game di Asia Tenggara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com