Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar di Rumah, Begini Cara Siswa Olahraga Secara Online

Kompas.com - 07/04/2020, 15:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Sudah dua minggu lebih masyarakat Indonesia melakukan pembatasan jarak fisik atau physical distancing untuk mencegah penyebaran virus corona. Pemerintah meminta sekolah-sekolah untuk memberlakukan siswa belajar di rumah.

Hal ini juga dilakukan oleh Sekolah Cikal menggerakkan pembelajaran dari rumah melalui Sekolah.mu, platform online learning. Salah satu program belajar yang dilakukan secara daring adalah kegiatan berolahraga.

Bagaimana caranya siswa berolahraga secara online? kegiatan olahraga di Sekolah Cikal tetap berjalan seperti biasa meskipun melalui online learning. Guru dan murid melakukan video conference call untuk berolahraga bersama.

Menurut Satyawira Sakti, selaku pengajar program olahraga khusus kelas Reception Junior dan Year 3 Sekolah Cikal Cilandak, proses belajar olahraga selama online learning dilakukan dengan beberapa kegiatan antara lain, mempraktekkan gerakan senam, dan melakukan refleksi setiap kali selesai melakukan kegiatan olahraga harian di rumah.

“Dalam pelaksanaan kegiatan olahraga secara daring, saya setiap harinya melakukan video conference dengan murid-murid. Kami melakukan stretching dan melanjutkan kegiatan dengan senam (senam Cikal dan Senam Gummy bear). Di akhir, murid-murid melakukan cooling down dan biasanya melakukan refleksi setelah belajar olahraga.” ujar Wira dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Belajar dari Rumah, Begini Cara Belajar Siswa PAUD Rumah Main Cikal

Wira menambahkan bahwa murid-murid terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan olahraga, meskipun secara online. Ia juga menceritakan bahwa murid-murid tidak menghadapi kesulitan karena setiap gerakan sangat sederhana untuk dipraktekkan.

“Anak-anak terlihat antusias, itu terlihat dari kesiapan mereka dengan mengenakan seragam olahraga layaknya di sekolah, meski belajarnya di rumah. Murid juga tidak menghadapi kesulitan dalam mempraktekkan gerakan karena gerakannya mudah dan sederhana.” tambahnya.

Belajar daring dengan senang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com