Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi: Pancasila Jadi Bintang Penjuru Menggerakkan Kita Semua

Kompas.com - 01/06/2020, 20:45 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.comPresiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Presiden Jokowi memberikan amanat dalam memperingati Hari Lahir Pancasila melalui Video conference bersama para penyelenggara negara.

Presiden Jokowi mengatakan, “peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa. Menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji ke patuhan kita, menguji ketenangan kita dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat.” 

Baca juga: Apa Itu Pelajar Pancasila, Tujuan Sekolah Penggerak dari Nadiem Makarim

Presiden melanjutkan, “dalam menghadapi ujian tersebut kita bersyukur bahwa pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya.”

Pancasila sebagai penggerak dan nilai

Presiden mengatakan, "Pancasila sebagai penggerak mengatasi semua masalah. Menggerakan persatuan kita, dalam mengatasi semua tantangan. Menggerakan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi.”

“Memperkokoh persaudaraan dan kegotong-royongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi,” ujarnya.

“Nilai-nilai luhur Pancasila harus Kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita, Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita, nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan Pemerintah,” kata Presiden.

“Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia. Tidak henti-hentinya, saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai kedaerah untuk terus meneguhkan kepedulian Kita kepada masyarakat yang mengalami kesulitan,” ucap Presiden.

“Untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras dan agama serta untuk memenuhi kewajiban kita, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia” tambahnya.

Pesan Presiden

“Saya mengajak seluruh elemen bangsa dimanapun berada dari Sabang sampai Marauke dari Miangas sampai Pulau Rote. untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan," ujar Presiden Jokowi.

"Saling membantu, saling menolong dan saling bergotong-royong serta selalu optimis bahwa bangsa kita adalah bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang,” tambahnya.

Ia melanjutkan “kekurangan dan kelemahan tidak menghalangi kita untuk terus maju, kekurangan dan kelemahan harus sama sama kita perbaiki."

"Harus kita jadikan momentum perubahan untuk memicu lompatan kemajuan agar kita menjadi bangsa yang kuat dan mandiri yang berdiri diatas kaki sendiri,” tegas Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com