Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Doktor Politik Islam UMY Raih Akreditasi Unggul

Kompas.com - 01/05/2021, 13:18 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Studi (Prodi) Doktor Politik Islam-Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sukses mempertahankan status pemeringkatan Akreditasi A, dan berhasil mengonversikannya menjadi terakreditasi Unggul (Excellent).

Capaian ini menjadikan Prodi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik UMY sebagai satu-satunya Prodi Doktor Politik di Indonesia yang memperoleh nilai Akreditasi Unggul saat ini.

Masa berlaku SK BAN-PT adalah untuk periode 5 tahun ke depan, yakni tepatnya sejak 27 April 2021 sampai dengan 6 Maret 2026.

Ketua Prodi Doktor Ilmu Politik-Politik Islam UMY Zuly Qodir mengatakan, prestasi ini menunjukkan bahwa budaya yang dibangun di lingkungan prodi telah memenuhi bahkan melebihi standar kerja yang ditetapkan.

Jumlah guru besar di atas 75 persen

Khususnya dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan standar internasional.

"Sebagai prodi jenjang doktor ilmu politik pertama yang mencapai Akreditasi Unggul, Prodi Politik Islam-Ilmu Politik UMY telah menerapkan ukuran yang melebihi standar nasional dari Ditjen Dikti Kemendikbudristek," terang Zuly dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

Standar nasional yang berhasil dicapai antara lain:

1. Jumlah guru besar di atas 75 persen.

2. Jumlah publikasi di jurnal bereputasi internasional mencapai 1,3 publikasi per mahasiswa tiap tahun.

2. Sebanyak 2 publikasi per dosen tiap tahun.

Zuly menambahkan, prodi ini juga telah berhasil melaksanakan sistem Penjaminan Mutu Internal dengan menerapkan standar mutu di atas Standard Nasional (SN) Dikti. Dari 24 SN Dikti, prodi berhasil melampui ukuran standar yang ditentukan dengan 14 standar.

"Capaian ini merupakan wujud nyata dari komitmen bersama dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas dalam berbagai aspek," imbuh Zuly.

Miliki sistem kendali mutu ketat

Sejak didirikan tahun 2006 lalu berdasarkan SK Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Departemen Agama RI No.Dj.II/451/2006. Kemudian setelah 10 tahun, pada tahun 2016, Prodi Doktor Politik Islam UMY mendapatkan SK BAN-PT No.0104/SK/BAN-PT/Akred/D/III/2016 dengan nilai Akreditasi A.

"Dengan sistem perkuliahan yang dirancang dengan sistem kendali mutu yang ketat, Prodi Doktor Politik Islam Ilmu Politik UMY mampu menghasilkan publikasi-publikasi ilmiah yang telah memenuhi standar internasional maupun nasional," tegas Zuly.

Dari publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa, prodi ini berhasil meraih peringkat 1 Jenjang Doktor Ilmu Politik dalam Science and Technology Index (SINTA) Ristekdikti berdasarkan output dan outcome.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com