Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Horizon Karawang Kini Jadi Horizon University Indonesia

Kompas.com - 31/07/2023, 19:20 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepala LLDIKTI IV Dr. M. Samsuri menyerahkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 595/E/O/2023 yang mengesahkan transformasi Horizon Karawang menjadi Horizon University Indonesia.

Penyerahan SK ini dilaksanakan di Aula Gedung A LLDIKTI IV, Bandung, Senin (24/7/2023).

Bagi Horizon Karawang yang berada di Jalan Raya By Pass KM 1, Tanjungpura, Karawang, Jawa Barat, transformasi menjadi Horizon University Indonesia untuk meningkatkan daya saing global bagi para lulusannya.

Sedangkan bagi kaum muda Indonesia yang berada di Karawang, Bekasi, Subang, Purwakarta dan sekitarnya yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berkualitas kini tak harus ke kota besar seperti Jakarta atau Bandung.

Baca juga: Universitas Swasta Terbaik Jawa Tengah Versi 3 Lembaga Pemeringkatan

Merger dari tiga kampus

Kualitas Horizon University Indonesia merupakan merger dari tiga institusi pendidikan yaitu STIKes Horizon Karawang, STMIK Horizon Karawang, dan STIE Triguna Bogor yang selama ini sudah lama eksis dan telah memiliki reputasi yang kuat.

Misalnya STIKes Horizon Karawang sudah berdiri sejak tahun 1991 memiliki akreditasi Baik Sekali dari LAM-PTKES untuk program studi S1 Keperawatan dan Profesi serta satu-satunya yang memiliki sertifikasi K3 dan Gadar.

Sementara itu STMIK Horizon Karawang dengan kurikulum yang memungkinkan para mahasiswanya dalam 1 tahun kuliah sudah memiliki kemampuan siap kerja dalam bidang Graphic Designer, UI/UX Designer dan Web Designer serta memiliki tingkat penyerapan kerja lulusan mencapai 97 persen.

Serta STIE Triguna Bogor yang sudah berdiri sejak tahun 1994 dan terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kini ketiga institusi pendidikan di bawah Horizon Karawang tersebut melebur dalam tiga fakultas di Horizon University Indonesia.

Baca juga: ISI Surakarta Jalur Mandiri 2023 Masih Dibuka, Cek Syaratnya

Fakultas yang tersedia

Yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan (dengan program studi Profesi Ners, S1 Keperawatan, D3 Keperawatan, dan D3 Kebidanan), Fakultas Ilmu Komputer (dengan program studi S1 Informatika dan S1 Sistem Informasi), serta Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis (dengan program studi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi).

Terkait fasilitas, Horizon University Indonesia telah menyelesaikan renovasi gedung dan melengkapi berbagai fasilitas terkini.

Horizon University Indonesia juga terus berkomitmen meningkatkan fasilitas kampus dengan mengakuisi lahan seluas 4.900 meter persegi yang telah direncakan untuk dibangun gedung kampus baru yang lebih megah dan tidak kalah dengan kampus-kampus di kota-kota besar.

Semua hal tersebut diharapkan menjadi perwujudan tagline Horizon University Indonesia yaitu Masa Depan ada di Horizon.

Lebih prestisius

Assistant Chief Operations Officer Horizon University Indonesia Dannia Andasari Ardin mengatakan, peningkatan status menjadi universitas bukan hanya akan membuat Horizon Karawang yang kini menjadi Horizon University Indonesia menjadi lebih diminati dan dipandang lebih prestisius.

Namun juga dengan berbagai kelebihan sebagai universitas, akan lebih memungkinkan dalam bersaing dan menyediakan pendidikan berkualitas yang terjangkau untuk mencetak generasi muda yang berdaya saing global.

"Dengan status sebagai universitas, kini para mahasiswa dan para lulusan akan mempunyai kesempatan yang lebih baik dan berdaya saing global sehingga peluang kerja yang dimiliki sangat terbuka lebar," tutur Dannia seperti dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Dannia menerangkan, semua itu didasari oleh misi Horizon University Indonesia untuk membuat kehidupan yang lebih baik lewat pendidikan dan membentuk manusia Indonesia yang global.

Baca juga: Beasiswa Perempuan Inovasi 2023, Bisa untuk Siswi SMP hingga Mahasiswa

Dengan dukungan kuat dari dua perusahaan besar Indonesia, Triputra Group dan Persada Capital Investama sebagai mitra industri, Horizon University Indonesia tidak hanya bertujuan melayani pendidikan bagi kaum muda Indonesia di Karawang dan sekitarnya, namun juga di seluruh Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com