Janji Pakde Karwo, Tiap Hari Nambal Jalan

Lihat Foto
Kompas/Raditya Helabumi

SURABAYA, KAMIS — Gubernur Jatim Soekarwo menjanjikan perbaikan prasarana dan sarana di Provinsi Jatim untuk memperlancar arus perekonomian dengan tiada hari tanpa tambal jalan.
   
Soekarwo yang akrab disapa Pakde itu mengemukakan hal itu pada orasi "Jalan lain Menuju Kesejahteraan Rakyat Jawa Timur" di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis, dengan didampingi Wagub Saifullah Yusuf masing-masing beserta istri.
   
"Kami akan meminta keteladanan aparatur birokrasi untuk bekerja keras memperbaiki infrastruktur, juga menanggulangi dampak bencana banjir dan bencana alam lainnya," kata Gubernur yang baru dilantik Mendagri pagi harinya.
   
Pemprov Jatim, kata Gubernur yang karib disapa Pakde Karwo, juga akan mengajak pemerintah kabupaten/kota bekerja sama menanggulangi masalah pedagang kaki lima, dengan keberpihakan pada pilihan "masih ada jalan lain tanpa penggusuran".
   
"Kami juga akan berupaya mencari ’jalan lain’ bagi penyelesaian masalah lumpur Lapindo, baik bagi masyarakat yang terdampak langsung maupun tidak, baik bagi mereka yang sudah menemukan jalan penyelesaian dengan korporasi maupun di luar korporasi," katanya.
   
Semua upaya mencari jalan lain tersebut, ujar Pakde Karwo, tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi untuk mencapai kesejahteraan harus ada perjuangan dan pengorbanan.
   
Pada kesempatan yang sama, Pakde Karwo juga mengucapkan terima kasih kepada pendahulunya, yakni Gubernur Soerjo, Moerdjani, Raden Samadikoen, Ario Miliono, Suwondo, Moch. Wijono, M. Noer, Soenandar Prijosoedarmo, Wahono, Soelarso, Basofi Sudirman, dan Imam Utomo.
   
"Kepada Pak Imam Utomo yang mengembangkan sikap akomodatif dan mengembangkan partisipasi masyarakat, menjadi panutan kami dalam mengembangkan sikap demokrasi partisipatoris, yang memberi tempat kepada rakyat untuk berbicara," katanya.
   
Pada kesempatan tersebut, Soekarwo, mendaulat Imam Utomo beserta istri untuk berpidato di panggung. Dalam pidatonya, Imam Utomo mengatakan, selaku masyarakat, dia siap dipanggil sewaktu-waktu oleh gubernur dan wagub untuk dimintai pendapat.


Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi