Via Vallen Bantah Memperkaya Diri dengan Lagu SDTA Milik SID

Lihat Foto
INASGOC/Wahyudin
Penyanyi Via Vallen memeriahkan pembukaan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018). INASGOC/Wahyudin/pras/18.
|
Editor: Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut Via Vallen membantah tuduhan mencuri lagu "Sunset di Tanah Anarki" milik band SID (Superman Is Dead) untuk memperkaya diri.

Hal itu Via sampaikan akun Instagram-nya, @viavallen, yang dikutip Kompas.com, Senin (12/11/2018).

"Cover lagu, mencuri lagu sampe memperkaya diri Sy mohon maaf jika memang sy salah karena menyanyikan lagu anda di panggung off air, dan sampe detik ini lagu itu masih kelas MILIK ANDA, jika sy mencuri sudah pasti sy akan mengakui karya orang lain sebagai karya saya," jelas Via.

Via mengaku tidak menerima keuntungan apa pun dari produk digital yang menampilkan aksi panggungnya membawakan lagu tersebut.

"Soal memperkaya diri dari lagu tersebut, sy juga ingin menjelaskan bahwa sampai detik ini sy BELUM PERNAH merasakan 1 RUPIAH Pun uang dari hasil penjualan fisik vcd atau digital ( youtube dll ) dari lagu tersebut seperti yg anda tuduhkan," ujar Via.

Sebelumnya, pemain drum grup band SID, Jerinx mengungkapkan alasannya  menegur Via Vallen yang tanpa izin membawakan lagu SID bertajuk "Sunset di Tanah Anarki" atau SDTA.

Hal itu diungkapkan Jerinx dalam unggahan di Instagramnya, @jrxsid yang dikutip Kompas.com, Minggu (11/11/2018).

"Mungkin banyak pertanyaan. Kenapa baru sekarang saya sentil VV? Simpel. Karena album SID yg baru saja rilis ini penuh akan lagu potensial yg sangat mungkin dijadikan versi dangdut/koplo nya," kata Jerinx.

Baca juga: Jerinx SID: Via Vallen Jangan Cuma Perkaya Diri dan Keluarga

"Dan jika kami diamkan, bisa jadi VV, atau penyanyi semacam dia akan melakukannya lagi; memperkaya diri memakai karya orang lain sekaligus membunuh ruh dari karya tersebut," sambungnya.

Baca juga: Jerinx SID: Via Vallen Tak Minta Izin Bawakan Sunset di Tanah Anarki

Awalnya, Jerinx dan kawan-kawan tidak mempermasalahkan Via membawakan lagu tersebut. Namun Jerinx sangat kesal karena ia menilai Via tidak berkontribusi apa pun untuk alam Indonesia.

Jerinx juga menyebutkan bahwa video penampilan Via saat membawakan lagu SDTA sudah dikomersialisasi.

"OK 2013, lagu Sunset di Tanah Anarki kami ikhlaskan, mindset kami saat itu cukup naif; anggap saja membantu struggling musician. Sampai dia bikin DVD segala, dikomersilkan, rapopo," ucap Jerinx.

"Nah, kekesalan ini muncul setelah melihat transformasi seorang VV. Di mana posisinya saat ini, VV harusnya sudah belajar jadi manusia, jangan bisanya hanya mengambil saja. Selama ini nyanyi SDTA ribuan kali, lirik lagu kami ga ada artinya bagi dia?" ujar Jerinx.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Video Pilihan
TAG:


Terpopuler
Komentar
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi