Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Es Krim Sedunia 2020, Yuk Kenali 12 Jenis Es Krim di Dunia

Kompas.com - 19/07/2020, 11:31 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber Delish

KOMPAS.com - Mayoritas orang-orang dengan latar yang berbeda pasti suka dengan hidangan manis dan dingin ini. Bahkan warga Amerika Serikat punya hari es krim yang kini dirayakan masyarakat dunia.

Es krim, biasa dikenal sebagai olahan berbahan dasar susu yang dibekukan.

Baca juga: Hari Es Krim Sedunia, Mengenal 5 Toko Es Krim Tertua di Amerika Serikat

Namun, tahukah kamu bahwa bahan dasar es krim bukan hanya susu. Di berbagai daerah, es krim dibuat dari beragam bahan baku dengan ciri khas masing-masing dan nama yang unik.

Melansir Delish, ada setidaknya 12 jenis es krim dari berbagai negara, seperti di bawah ini.

1. Rolled ice cream

Ilustrasi rolled ice cream atau es krim gulung yang biasa ditemui di Thailand dan Malaysia. Rolled ice cream adalah satu dari 12 jenis es krim populer di dunia. SHUTTERSTOCK/STUDIO PEACE Ilustrasi rolled ice cream atau es krim gulung yang biasa ditemui di Thailand dan Malaysia. Rolled ice cream adalah satu dari 12 jenis es krim populer di dunia.

Es krim yang memiliki konsep menarik, yakni digulung. Rolled ice cream adalah jajanan pinggir jalan yang umum dijumpai di Thailand, Malaysia, Kamboja, dan Filipina.

Hal yang lebih menarik lagi dari es krim ini adalah keseluruhan proses pembuatannya.

Adonan cairan es krim dituang, kemudian diaduk seperti gerakan mencincang, dicampur dengan adonan seperti oreo dan stroberi, lalu es krim digulung sempurna berbentuk spiral.

Keseluruhan proses itu hanya dilakukan dalam waktu sekitar dua menit.

2. Soft serve

Ilustrasi es krim khas Amerika dengan taburan meses. Disebut juga soft serve, termasuk satu dari 12 jenis es krim populer di dunia. SHUTTERSTOCK/EBPHOTO Ilustrasi es krim khas Amerika dengan taburan meses. Disebut juga soft serve, termasuk satu dari 12 jenis es krim populer di dunia.

Es krim klasik dari Amerika ini pertama kali dibuat pada 1930-an. Es krim ini memiliki tekstur sangat halus akibat dari udara yang dimasukan ke dalam adonan ketika dibekukan.

Es krim ini tersedia dalam dua rasa, yaitu cokelat dan vanila. Lebih sering disajikan di dalam cone kemudian dicelup ke dalam cokelat atau diberi taburan meses warna-warni.

3. Frozen yogurt

Ilustrasi frozen yoghurt yang populer di Amerika Serikat, termasuk satu dari 12 jenis es krim populer di dunia. SHUTTERSTOCK/VERYYULISSA Ilustrasi frozen yoghurt yang populer di Amerika Serikat, termasuk satu dari 12 jenis es krim populer di dunia.

Yogurt beku ini sangat populer di Amerika Serikat, muncul pada tahun 1981. Frozen yogurt mirip seperti soft serve tetapi kandungan lemaknya lebih rendah dan memiliki rasa yang tajam.

4. Snow cream

Ilustrasi snow cream adalah jenis es krim khas Thailand terbuat dari serutan susu beku. SHUTTERSTOCK/ROBERT NARATHAM Ilustrasi snow cream adalah jenis es krim khas Thailand terbuat dari serutan susu beku.

Kamu bisa mendapatkan snow cream yang lezat dan manis di Thailand.

Snow cream terbuat dari susu yang dibekukan menjadi es balok, kemudian diserut dan diberi topping boba, buah segar, kental manis, cokelat dan masih banyak lagi.

5. Gelato

Ilustrasi seseorang memegang gelato dengan latar belakang kanal di Venesia, Italia. SHUTTERSTOCK/PARILOV Ilustrasi seseorang memegang gelato dengan latar belakang kanal di Venesia, Italia.

Gelato memiliki bentuk lebih padat dari es krim standar di Amerika. Sebab kandungan susu yang lebih banyak daripada krim dan diaduk dengan kecepatan rendah, sehingga sedikit udara yang masuk ke adonan.

Baca juga: Apakah Benar Buah Hampir Busuk Bikin Gelato Makin Enak?

Gelato yang berasal dari Italia ini juga tidak memakai telur di dalam adonannya sehingga rasa krim lebih kuat dan murni.

6. Kulfi

Ilustrasi kulfi Rajasthani rasa saffron dan pistachio, jenis es krim yang lebih mirip custard. SHUTTERSTOCK/STOCKIMAGESFACTORY.COM Ilustrasi kulfi Rajasthani rasa saffron dan pistachio, jenis es krim yang lebih mirip custard.

Es krim dari India ini lebih mirip seperti custard dibanding es krim lain.

Kulfi memiliki tekstur tebal, padat dan tidak mudah meleleh, maka es krim ini lebih cocok dijadikan es stick.

Es ini memiliki rasa cenderung gurih, dengan pilihan rasa unik seperti saffron, kapulaga, dan mawar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Delish
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com