Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Start Up Baru Bantu Kurangi Limbah Pangan Bisnis Makanan dan Minuman

Kompas.com - 16/10/2021, 19:37 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - DamoGo, start-up asal Indonesia dan Korea Selatan, menciptakan aplikasi smartphone bagi pebisnis makanan dan minuman (F&B) untuk membuat bisnis berkelanjutan.

"Terdapat sejumlah inefisiensi di lapangan yang membuat hasil pertanian tidak terserap baik dan berisiko terbuang menjadi limbah dan polusi," kata Co-founder dan COO DamoGo, Muhammad Farras sesuai siaran pers yang Kompas.com terima, Jumat (15/10/2021). 

Farras menyebutkan polusi. DamoGo berusaha memecahkan masalah ini dengan menyediakan layanan penghubung antara pemasok dan pebisnis F&B melalui aplikasi smartphone. 

Aplikasi DamoGo membantu pemilik bisnis F&B untuk merapikan sistem manajemen dan purchasing.

Baca juga:

Melalui aplikasi ini manajemen dapur pebisnis F&B terdigitalisasi, dan menjadi ruang interaksi jual-beli bahan pangan antara pebisnis dengan pemasok. 

Diharapkan melalui aplikasi ini pebisnis F&B dapat menerapkan operasional bisnis berkelanjutan dan efisien. 

Caranya dengan mempersingkat proses rantai pasok, mengurangi emisi dan biaya, serta mendukung keberlangsungan bisnis petani dan pemasok skala kecil dan menengah.

Pemanfaatan produk pangan yang tak sermpurna

Waroong by DamoGo, salah satu layanan dari DamoGo, menyediakan produk pangan dengan  dengan tingakatan A, B, dan C, yang dipanen segar oleh petani dan pemasok DamoGo.

Salah satu bentuk produk pangan tingkat C adalah hasil pertanian yang tidak sempurna dari segi bentuk atau ukuran. 

Baca juga:

Produk jenis ini menjadi penyumbang limbah pangan yang signifikan karena tidak sesuai dengan standar ritel dan pada akhirnya terbuang sebelum dimanfaatkan.

"Dengan harga yang terjangkau, pemilihan bahan pangan yang tidak sempurna mendukung bisnis F&B untuk menghemat biaya operasional," kata F&B Business Collaborator, Hartono Moe. 

Lewat pemanfaatan produk pangan tak sermpurna ini juga ia sebutkan mempermudah transisi bisnis makanan dan minuman yang berkelanjutan. 

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com