Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Bersihkan Tungku Kompor, Bebas dari Kerak Lemak Noda Makanan

Kompas.com - 30/09/2022, 11:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kompor merupakan peralatan dapur untuk memasak yang secara rutin wajib kamu bersihkan. Hal tersebut karena biasanya kompor terkena tumpahan masakan sehingga membuatnya berkerak dan sulit dihilangkan. 

Salah satu, bagian pada kompor yang bisa kamu perhatikan dan bersihkan adalah tungku. Tungku kompor biasa menjadi tempat berkumpulnya lemak noda makanan yang jika dibiarkan bisa menjadi kerak membandel. 

Dilansir dari beberapa sumber, simak cara tepat bersihkan tunggu kompor di rumah dengan mudah. 

Baca juga:

1. Gunakan sikat halus dan sabun cuci 

Dilansir dari buku "Buku Saku Keluarga dan Peralatan Dapur" (2018) oleh Tohyan Priyanto Penerbit Deepublish, mengungkapkan cara membersihkan tungku kompor yang benar. Caranya adalah dengan menggunakan sikat halus dan sabun cuci. 

Sikat sisi tungku kompor, setelah itu keringkan sebelum diletakkan kembali ke kompor agar air tidak menetes ke dalam celah. 

2. Bersihkan bagian bawah tungku kompor

Bagian bawah tungku kompor juga harus dibersihkan. Caranya adalah dengan menuangkan sabun cuci ke atas spon basah kemudian peras hingga setengah kering. Gunakan sabun jika noda lemaknya membandel.

Gunakan handuk bersih dan kering untuk mengusap bagian basah tersebut. 

3. Jangan menggunakan bahan kimia

Ditambahkan dari buku "Merawat & Memperbaiki Kompor Gas" (2008) oleh Asep Yahya terbitan Wisma Hijau, membersihkan tungku kompor tidak perlu menggunakan bahan kimia atau minyak tanah karena bisa merusak hingga menimbulkan karat. 

4. Lakukan pembersihan 6-12 bulan sekali 

Dalam buku tersebut juga menyarankan untuk membersihkan kompor selama 6-12 bulan sekali terutama pada bagian dalam. Hal tersebut untuk menjaga nyala api kompor tetap biru dan tidak ada kerusakan pada kompor di rumah. 

5. Gunakan obeng kembang untuk melepas sekrup tungku kompor

Ada beberapa bagian pada tungku kompor yang bisa dilepas saat proses bersihkan, seperti kawat pegas, sekrup, dan kawat pasak. 

Kalau kamu ingin melepas sekrup bisa dengan menggunakan obeng kembang, tetapi jika sekrup berkarat atau sulit dibuka, semprot dulu dengan perontok karat. 

Buku "Buku Saku Keluarga dan Peralatan Dapur" (2018) oleh Tohyan Priyanto Penerbit Deepublish bisa diakses melalui aplikasi iPusnas.

buku "Merawat & Memperbaiki Kompor Gas" (2008) oleh Asep Yahya terbitan Wisma Hijau bisa diakses melalui aplikasi iPusnas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com