Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geng India Jalankan Kantor Polisi Palsu 8 Bulan, Peras Uang dari Ratusan Orang

Kompas.com - 20/08/2022, 17:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PATNA, KOMPAS.com - Sekelompok geng di India mengoperasikan kantor polisi palsu selama delapan bulan. Mereka berpakaian seperti petugas asli dan diyakini memeras uang dari ratusan orang.

Insiden penipu yang berpura-pura menjadi polisi atau tentara marak terjadi di India, negara yang warga sipilnya tunduk dan hormat terhadap orang-orang berseragam.

Namun, situasi itu meningkatkan tren mendirikan kantor polisi palsu untuk penipuan.

Baca juga: Wanita India Potong Penis Pacarnya karena Berbuat Mesum ke Putrinya

Geng di negara bagian Bihar mendirikan kantor polisi palsu sekitar 500 meter dari rumah kepala polisi setempat yang asli, dan mengenakan seragam dengan lencana pangkat serta membawa senjata, kata polisi asli DC Srivastava kepada AFP, Kamis (18/8/2022).

Mereka menagih uang dari penduduk setempat yang datang ke kantor polisi palsu itu untuk mengajukan keluhan dan kasus, dan berjanji membantu mereka mengamankan perumahan atau mendapatkan pekerjaan di kepolisian.

Mereka juga membayar orang-orang dari daerah pedesaan yang sebagian besar upah hariannya sekitar 500 rupee (Rp 93.000) untuk berpura-pura menjadi polisi lain yang bekerja di kantor palsu tersebut.

Baca juga:

Penipuan itu terungkap ketika seorang polisi asli melihat dua anggota geng membawa senjata yang dibuat di bengkel lokal, bukan senjata asli dari kepolisian.

Setidaknya enam anggota geng termasuk dua wanita ditangkap tetapi pemimpinnya masih buron, ungkap Srivastava kepada AFP.

"Penyelidikan sedang berlangsung dalam kasus ini. Informasi lebih lanjut akan terungkap," lanjut Srivastava.

Baca juga: Polisi Gadungan Tilang Mobil di Jalan, Ternyata Isinya Polisi Asli

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com