Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Gejala Pilek pada Anak Sulit Sembuh?

Kompas.com - 09/05/2016, 17:00 WIB

TANYA:

Halo dok, anak saya berusia 9 bulan mengapa sering sekali sakit flu dan sakitnya bisa lama sembuhnya. Selain itu kalau dia tidur juga seperti ngorok (seperti ada lendirnya). Mohon saranya bagaimana agar ia tidak gampang sakit dan terapi pengobatan untuk flu pada anak.
 
Siti Rahmawati, Jakarta

JAWAB:

Flu like illness (FLI) atau selesma atau common cold adalah gejala infeksi saluran napas akut (ISPA) bagian atas. Penyebabnya adalah virus. Gejalanya berupa batuk dan/atau pilek, dapat disertai demam, anak rewel, minum/makannya berkurang dan sebagainya.

Biasanya gejalanya bervariasi dari yang ringan sampai cukup berat dan berlangsung antara 5-7 hari, biasanya penyakit ini sembuh dengan sendirinya (self-limitting disease).

Pilek yang berkepanjangan dapat disebabkan karena gejala infeksi virus berulang, misalkan di ada anggota keluarga bergantian menderita ISPA, atau pada anak dengan bakat alergi dan ia terus terpapar oleh zat-zat yang dapat mencetuskan gejala alerginya muncul seperti terpapar oleh asap rokok, debu, bulu-bulu hewan peliharaan dan sebagainya.

Pengobatan yang efektif tergantung dari penyebabnya, namun pastikan ia tetap mendapat asupan yang cukup, nutrisi, cairan dan bila perlu diberikan obat tetes hidung berupa cairan garam normal (Natrium klorida 0,9%).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com