Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Garam Bisa Mengusir Ular dari Rumah, Mitos atau Fakta?

Lihat Foto
Ilustrasi ular kobra
|
Editor: Esra Dopita Maret

JAKARTA, KOMPAS.com - Ular yang masuk ke rumah merupakan hal mengerikan dan tentunya tidak pernah diharapkan siapa pun. Sayangnya, hal ini tidak bisa diduga dan sulit dihindari.

Dibanding kecoak, cicak, dan tikus, keberadaan ular di rumah bisa mengancam keselamatan penghuni rumah.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan bila Menemukan Ular di Dalam Rumah?

Namun, banyak orang berpendapat garam dapat mengusir ular dari rumah. Hal ini dianggap karena garam dapat membuat ular kepanasan seperti terbakar dan akhirnya pergi dari rumah.

Lantas, benarkah garam mampu mengusir ular dari dalam rumah? Apakah ini fakta atau mitos?

"Kita pernah me-rescue (menyelamatkan) ular di dalam rumah dan ternyata di rumah itu sudah banyak (ditaruh) garam di pojokan ruangan. Mending garamnya dipakai masak saja," jelas Panji Petualang dikutip dari kanal YouTube Panji Petualang TV, Kamis (10/6/2021).

Menurut Panji, keterkaitan garam yang akan memberi efek buruk pada ular hanyalah mitos belaka yang sudah lama ada. Bahkan mitos tersebut masih terus diyakini sebagai besar orang dan sulit dihilangkan hingga saat ini.  

Baca juga: Tanda-tanda Hewan Peliharaan Digigit Ular

Untuk membuktian hal itu, Panji pun melakukan percobaan dengan meletakkan seekor ular sanca ke dalam kotak boks yang ditaburi garam.

Walhasil, ular sanca yang ada di dalam kotak boks tersebut tidak bereaksi apa pun dan tetap tenang seperti tidak terjadi apa-apa. "Bisa disimpulkan ini (garam) enggak berpengaruh sama sekali untuk si ular," ungkap Panji. 

Baca juga: Daftar Tanaman yang Ditakuti Ular

Menurut Panji, garam memang bisa berpengaruh dan membunuh hewan, tapi bukan ular. Beberapa hewan yang bisa mati terkena garam adalah hewan berlendir yang sekujur tubuhnya mengandung cairan yang banyak seperti siput, cacing, bekicot, lintah, hingga lele. 

Tubuh ular tidaklah berlendir, tetapi bersisik. Sisik ular bahannya seperti kuku pada manusia yang terbuat dari keratin. 

Baca juga: 6 Manfaat Bawang Merah, Hilangkan Bau Cat hingga Mengusir Ular

"Kalau misalkan hewan berlendir tubuhnya diberikan garam, otomatis cairan tersebut akan keluar dari tubuhnya dan terkontaminasi dengan garam sehingga bisa mengakibatkan kematian dan rasa perih pada si hewan," ucap Panji.

Jadi, apabila ada ular yang masuk ke rumah, jangan pernah ditaburkan atau dilemparkan garam karena hal tersebut akan sia-sia. 

Baca juga: Simak, Cara Mengusir Ular dari Rumah 

Sebaiknya panggil pihak berwenang seperti pemadam kebakaran atau pawang ular yang mampu menjinakkan ular yang masuk ke rumah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Play

Lihat Semua

Video Pilihan
Sumber: YouTube Panji Petualang TV
TAG:


Terpopuler
Komentar

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Lihat Semua
Jelajahi