Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garam Bisa Mengusir Ular dari Rumah, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 10/06/2021, 19:45 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ular yang masuk ke rumah merupakan hal mengerikan dan tentunya tidak pernah diharapkan siapa pun. Sayangnya, hal ini tidak bisa diduga dan sulit dihindari.

Dibanding kecoak, cicak, dan tikus, keberadaan ular di rumah bisa mengancam keselamatan penghuni rumah.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan bila Menemukan Ular di Dalam Rumah?

Namun, banyak orang berpendapat garam dapat mengusir ular dari rumah. Hal ini dianggap karena garam dapat membuat ular kepanasan seperti terbakar dan akhirnya pergi dari rumah.

Lantas, benarkah garam mampu mengusir ular dari dalam rumah? Apakah ini fakta atau mitos?

"Kita pernah me-rescue (menyelamatkan) ular di dalam rumah dan ternyata di rumah itu sudah banyak (ditaruh) garam di pojokan ruangan. Mending garamnya dipakai masak saja," jelas Panji Petualang dikutip dari kanal YouTube Panji Petualang TV, Kamis (10/6/2021).

Menurut Panji, keterkaitan garam yang akan memberi efek buruk pada ular hanyalah mitos belaka yang sudah lama ada. Bahkan mitos tersebut masih terus diyakini sebagai besar orang dan sulit dihilangkan hingga saat ini.  

Baca juga: Tanda-tanda Hewan Peliharaan Digigit Ular

Untuk membuktian hal itu, Panji pun melakukan percobaan dengan meletakkan seekor ular sanca ke dalam kotak boks yang ditaburi garam.

Walhasil, ular sanca yang ada di dalam kotak boks tersebut tidak bereaksi apa pun dan tetap tenang seperti tidak terjadi apa-apa. "Bisa disimpulkan ini (garam) enggak berpengaruh sama sekali untuk si ular," ungkap Panji. 

Baca juga: Daftar Tanaman yang Ditakuti Ular

Menurut Panji, garam memang bisa berpengaruh dan membunuh hewan, tapi bukan ular. Beberapa hewan yang bisa mati terkena garam adalah hewan berlendir yang sekujur tubuhnya mengandung cairan yang banyak seperti siput, cacing, bekicot, lintah, hingga lele. 

Tubuh ular tidaklah berlendir, tetapi bersisik. Sisik ular bahannya seperti kuku pada manusia yang terbuat dari keratin. 

Baca juga: 6 Manfaat Bawang Merah, Hilangkan Bau Cat hingga Mengusir Ular

"Kalau misalkan hewan berlendir tubuhnya diberikan garam, otomatis cairan tersebut akan keluar dari tubuhnya dan terkontaminasi dengan garam sehingga bisa mengakibatkan kematian dan rasa perih pada si hewan," ucap Panji.

Jadi, apabila ada ular yang masuk ke rumah, jangan pernah ditaburkan atau dilemparkan garam karena hal tersebut akan sia-sia. 

Baca juga: Simak, Cara Mengusir Ular dari Rumah 

Sebaiknya panggil pihak berwenang seperti pemadam kebakaran atau pawang ular yang mampu menjinakkan ular yang masuk ke rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com