Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

UMKM Makanan Hewan Peliharaan Unjuk Gigi, Kualitas Tak Kalah dengan Merek Ternama

Lihat Foto
kompas.com / Nabilla Ramadhian
Area Fresh Pet Food Market Indonesia yang menjual makanan segar untuk hewan peliharaan di Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2022, ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (27/8/2022).
|
Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan

TANGERANG, KOMPAS.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) makanan hewan peliharaan ramai membuka booth di Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2022 yang berlangsung pada 26-28 Agustus 2022 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (27/8/2022).

Managing Director PT Temali Indonesia, Didit Siswodiatmoko, mengatakan, tujuan pagelaran IIPE kali ini adalah untuk mengangkat produsen makanan hewan peliharaan lokal dari komunitas Fresh Pet Food Market Indonesia (FPFMI).

Baca juga: 4 Tips Membeli Wadah Penyimpanan Makanan Hewan Peliharaan

“Kami harap, dari sisi IIPE, ada kreativitas baru, yang mana kita fasilitasi agar UMKM makanan hewan peliharaan bisa berada di sini,” jelasnya kepada Kompas.com, Sabtu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terkini

Adapun fasilitas yang dimaksud adalah pemberian titik terbaik bagi anggota FPFMI untuk mendirikan booth. Tampilan area sengaja dirancang sedemikian rupa guna meningkatkan kesan bahwa UMKM lokal bisa terlihat berkelas.

Edison dari The Wonderbutts Family, juga anggota FPFMI, mengatakan bahwa booth para produsen makanan hewan lokal sebelum IIPE 2022 berpenampilan kurang menarik.

“Dulu kecil booth-nya. Padahal harusnya bagus. Dengan penampilan seperti itu, saya bilang, gimana orang enggak takut dan mikir itu makanan beneran enggak untuk hewan peliharaan,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Ketika Didit mengungkapkan bahwa IIPE akan digelar kembali tahun ini, Edison pun memberi ide kepadanya untuk mengajak teman-teman FPFMI unjuk gigi.

Baca juga: 5 Anjuran dan Larangan Mencampur Makanan Hewan Peliharaan

Sebab, saat ini kebanyakan dari mereka sudah memiliki produk makanan hewan peliharaan berkualitas bagus berkemasan menarik.

Melalui kesempatan yang diberikan oleh pihak IIPE, imbuh Edison, para produsen makanan hewan peliharaan lokal bisa semakin ditonjolkan agar bisa eksis dan produknya diketahui para pencinta hewan di Indonesia.

 

“Mereka bujetnya terbatas. (Minta) bisa tolong didukung untuk bikin tempat yang ekonomis, dekorasi bareng biar lebih hemat. Kami berembuk, dan berkat itu, kami dapat spot yang keren banget. Pengunjung jadi bisa tahu kalau produk lokal itu bagus,” papar Edison.

Sudah dites di laboratorium

Edison mengungkapkan, makanan segar untuk hewan peliharaan yang dijual teman-teman FPFMI dibuat dengan bahan pangan food grade alias aman untuk dikonsumsi manusia.

Dengan kata lain, mereka pun sama amannya ketika dikonsumsi oleh hewan peliharaan. Jadi, keamanannya sudah terjamin.

Baca juga: 6 Cara agar Makanan Hewan Peliharaan Tidak Dikerubungi Semut

Salah satunya adalah makanan untuk kucing dan anjing peliharaan yang diproduksi oleh Honest Recipe. Pendiri Honest Recipe, Janice, mengungkapkan bahwa produk pihaknya telah dites di lab.

“Kami juga konsultasi ke dokter hewan di Inggris, namanya dokter Nick Thompson. Ini karena kita mau memastikan kalau nutrisi dalam setiap bahan-bahan food grade mencukupi kebutuhan hewan peliharaan,” jelasnya dalam kesempatan yang sama.

Ada pula produk dari Pawmeals yang menyediakan makanan segar khusus anjing peliharaan. Produknya tidak hanya telah dites di lab, tetapi kandungannya dirancang khusus oleh ahli gizi hewan peliharaan.

Co-founder Pawmeals, Stephani, mengungkapkan, ide awalnya adalah untuk menyehatkan anjing peliharaan karena mereka sama seperti manusia, yakni layak diberi makanan sehat.

Baca juga: 7 Bahan yang Harus Dihindari pada Makanan Hewan Peliharaan

“Kami cari tahu tentang nutrisi untuk anjing, tetapi di Indonesia belum banyak ahli gizi khusus anjing, atau ahli gizi khusus hewan peliharaan. Ada ahli nutrisi kami yang akhirnya belajar tentang nutrisi untuk anjing,” ujar Stephani dalam kesempatan yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Video rekomendasi

Video Pilihan
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Lihat Semua
Jelajahi